PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MAKET PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • FAJAR BINTORO

Abstract

Pemberian model take and give dengan menggunakan media maket dipilih karena diharapkan peserta didik lebih aktif mengikuti proses pembelajaran karena pengajar sudah menggunakan pendekatan inovatif dan media yang menarik. Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dijelaskan di atas maka penulis bermaksud mengadakan penelitian tentang ”Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Dengan Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-expermintal dengan bentuk one-shot case study. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Sidoarjo kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 36 siswa pada semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Hasil penelitian pengaruh penggunaan Jobsheet terdiri dari: 1)Kelayakan perangkat pembelajaran dengan presentase 87,8% mendapat penilaian sangat layak atau dapat digunakan dalam proses pembelajaran; 2)Keterlaksanaan pembelajaran dengan presentase 88,75% berkriteria sangat baik; 3)Tes Hasil belajar siswa dengan presentase 82,50% mendapat nilai yang baik.

Kata Kunci : Model Take and give, Maket, Kelayakan, Keterlaksanaan, Hasil belajar

Abstract

The model take and give using media maket chosen because expected learners be more active in participating learning for teachers have used innovative approaches and media interesting. Based on the discussion background described above hence writers want to set research on the application of learning model take and give using media maket on the subjects of the construction in SMK Negeri 1 Sidoarjo.

The research is the kind of research pre-expermintal with the form of the one-shot case study .The study is done in SMKN 1 Sidoarjo class X technique picture building with the number of 36 students in the first half the even academic year 2016/2017.

The results of research the influence of the use of jobsheet consisting of: 1 )The worthiness of the device with the percentage of learning 87.8 % receive judgment very worthy or can used in the process of learning; 2 )Implemented learning with the percentage 88,75 % get excellent; 3 )The test results to study for students with the percentage 82,50 % receive good value.

Keywords: Model Take and give, Maket, The Worthiness, Implemented Laerning, The Test Results

Published
2017-05-04
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 161