PENERAPAN MEDIA GAMBAR POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG  DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • ZAINAL ABIDIN

Abstract

Mata pelajaran konstruksi Bangunan Gedung merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman dan penjelasan yang detail pada materinya. Siswa memerlukan gambaran atau ilustrasi yang jelas untuk memahami materi dan melaksanakan praktikum. Untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa dibutuhkan suatu perangkat yang dapat menggambarkan dan mengaplikasikan materi praktikum sehingga siswa dapat mudah memahami. Media Poster merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dapat dikembangkan yang sesuai dengan materi Konstruksi Bangunan Gedung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan hasil mengajar guru menggunakan media poster.  (2) Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media poster.(3) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan media poster.

Penelitian yang digunakan adalah berpola  penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini menggunakan sampel kelas X KBB  (32 siswa)  digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Media Poster, penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian menunjukan bahwa, (1) Kegiatan mengajar guru mengalami peningkatan pada saat mengajar pada pertemuan ke 2, nilai rata-rata yang diperoleh guru mengalami kenaikan dari 3.77 menjadi 4.08 dan masuk dalam kategori baik.. (2) Hasil belajar siswa sangat baik, jumlah yang tuntas dari nilai KKM ( nilai >75 ) sebanyak 87.88% dari 33 siswa. (3) Siswa menyenangi pembelajaran dengan media ini, sebanyak 82.86% merespon baik.

Kata Kunci: Pembelajaran, Media Poster, Hasil belajar

ABSTRACT

Subjects Building construction is a subject that requires understanding and explanation details on the material. Students need a clear picture or illustration to understand the material and carry out practical work. In order to enhance students' understanding requires a device that can describe and apply practical material so that students can easily understand. Poster Media is one of the learning tools that can be developed in accordance with the Building Construction materials. The purpose of this study are: (1) Improving teachers' results using the medium of the poster. (2) Improve student learning outcomes using the medium of the poster. (3) Knowing the students' response to the application of the posters

The research used is patterned action research (PTK). In this study, using a sample of X KBB class (32 students) is used to determine the learning outcomes of students who use the Media Poster learning, research conducted twice a meeting to determine the improvement of student learning outcomes.

Research shows that, (1) teachers teaching activity increased when teaching at the seconds meeting, the average value obtained by teachers increased from 3.77 into 4.08 and the fit in either category . (2) The results of student learning is very good, the number of the completion of the KKM (score> 75) as much as 87.88% of the 33 students. (3) The student enjoys learning with this medium, as much as 82.86% responded well.

Keywords: Learning , Media Poster, learning outcomes

Published
2017-05-04
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 46