PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS DENGAN AUTOCAD 3D PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK DI SMKN 2 SURABAYA

  • DWI SEPTIAN

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa XI GB SMKN 2 Surabaya kurang aktif dalam pembelajaran, siswa malu bertanya kepada guru dan siswa yang belum bisa membayangkan bentuk bangunan yang akan digambar karena kurangnya media pendukung yang digunakan untuk memvisiualkan bentuk sebenarnya dari bagian bangunan yang akan digambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan AutoCad 3D.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI GB 2 yang mendapat perlakuan menggunakan Model Pembelajatan Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan AutoCad 3D. Instrumen penelitian adalah  tes hasil belajar psikomotorik.

Hasil penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajatan Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan AutoCad 3D lebih besar dari 80. Hasil belajar menggunakan Model Pembelajatan Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan AutoCad 3D menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 83,14. Analisis uji hipotesis menghasilkan nilai t hitung > nilai  t tabel, yaitu 8,85 > 1,697; yang berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Jadi, rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajatan Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan AutoCad 3D lebih besar (>) dari 80.

Kata Kunci: Praktek berpasangan, AutoCad 3D, Menggambar dengan Perangkat Lunak               

Abstract

 The background of this research is the students class XI GB SMKN 2 Surabaya are active in learning, students embarrassed to ask the teacher and students can not imagine the shape of building to be  drawn due to less supporting media to describe the actual shape of building will be drawn. Purpose research is determine the average results study after use cooperative learning model type practice rehearsal pairs with AutoCAD 3D.

Research used is pre-experimental design with research design one-shot case study. Sample in this study is class XI GB 2 were treated using cooperative learning model type practice rehearsal pairs with AutoCAD 3d. instruments research is psycomotor test.

Research results determine the average study results after use cooperative learning model type practice rehearsal pairs with AutoCAD 3D bigger than 80. Results of study using cooperative learning model type practice Hrehearsal pairs with AutoCAD 3D shows the average value class of 83,14. Hypothesis test analysis  result in the value of t calculate > t table, that is 8,85 > 1,697; which means Ho rejected while ha accepted means that the average student learning outcomes after using Cooperative Learning Model Type Practice Rehearsal Pairs with AutoCAD 3D greater (>) than 80.

Keywords: Practice Rehearsal Pairs, AutoCad 3D, Drawing With Software

Published
2017-05-05
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 185