PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI TGB DI SMKN 2 SURABAYA

  • KAMIRURIANSAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendapat sebagian besar siswa SMK bidang TGB pada umumnya yang menganggap bahwa gambar itu sulit dan membingungkan karena penuh dengan aturan-aturan dan konsep. Hal ini menjadikan siswa pasif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya kurang baik. Kepasifan itu salah satunya dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru bersifat monoton. Pada saat belajar mengajar guru sering menggunakan metode ceramah dengan menampilkan gambar di LCD, kemudian siswa disuruh menggambar dari apa yang telah ditampilkan guru di LCD. Guru hendaknya menggunakan media pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih mengerti terkait materi pelajaran yang diajarkan. Terkait dengan observasi di atas dan permasalahan-permasalahan yang ditemukan di SMKN 2 Surabaya, maka untuk mengatasi masalah-masalah tersebut pembelajaran menggunakan media pembelajaran jobsheet perlu diterapkan agar siswa dapat mendalami materi yang diajarkan serta memudahkan siswa dalam proses menggambar.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas 3 siklus dari 4 tahapan : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan 1 Program Keahlian Bangunan SMK Negeri 2 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017.

Hasil penelitian telah diperoleh media pembelajaran jobsheet, yang oleh validator dinilai 91%. Proses pembelajaran terlaksana dengan baik (siklus I skor 80%, siklus II 87% dan siklus III 95%). Siswa aktif dalam mengikuti pelajaran dan semakin lama semakin aktif dengan memperoleh skor siklus I 77%, siklus II 87% dan siklus III 89%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I siswa mendapat rata-rata 77,13, siklus II 82,55 dan siklus III 86,40. Ditinjau dari ketuntasan belajar (≥70) mengalami perbaikan pada siklus I 86,67%, siklus II 93,10% dan siklus III 96,67%.

Kata Kunci : Gambar Konstruksi bangunan, Model MPL, Jobsheet, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar.

Abstract

This research is motivated by the opinion of the majority of vocational students TGB field generally consider that it is difficult and confusing picture because it is filled with rules and concepts. It makes passive students in learning and learning outcomes are less good. Passivity was one of them because the teaching methods used by teachers monotonous. At the time of learning and teaching teachers often use the lecture method to display images on the LCD, then the students were told to draw from what has been displayed on the LCD teachers. Teachers should use instructional media involving active students in the learning process, so that students can better understand the related material taught. Related to the above observations and problems found in SMK State 2 Surabaya, then to overcome these problems using instructional media jobsheet learning need to be implemented so that students can explore the material being taught and facilitate students in the process of drawing.

The reaserch method is the model of Action Reaserch (PTK) consist of 3 cycles of four phases : planning, imolementation stage, the stage of observation and reflection stages. The target in this study is a class XI student of Architecture Engineering Building Skils Program 1 SMK State 2 Surabaya Academic Year 2016/2017.

The results have been obtained jobsheet instructional media, the validator rated 91%. The learing process is done well ( cycle I score of 80%, 87% the second cycle and the third cycle 95%). Students are active in following the lesson and have become increasingly active to obtain a score of 77% the first cycle, the second cycle 87% and 89% the third cycle. Learning outcomes also increased in the first cycle of students received an average of 77.13, second cycle 82,55 and third cycle 86,40. Judging from mastery learning (≥70) to improve during the first cycle of 86.67%, 93.10% second cycle and third cycle 96,67%.

Keywords   : Image Building, Model MPL, Jobsheet, Classroom Action Reaserch, Learning Outcome.

Published
2017-05-05
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 39