PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KOMPETENSI DASAR MERANCANG KONSTRUKSI TANGGA

  •    MAIDAR

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan siswa kelas XI TGB 1 permasalahan yang terjadi antara lain siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa menghubungkan apa yang dipelajari dengan bagaimana penerapannya di lapangan, siswa kurang memperhatikan apa yang dijelaskan guru, metode yang digunakan guru masih bersifat pembelajaran langsung, siswa kurang dilibatkan dalam aktivitas pembelajaran, maka diperlukan penyelesaian yang tepat dengan mengimplementasikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran CTL pada kompetensi dasar merancang konstruksi tangga kelas XI TGB 1, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada kompetensi dasar merancang konstruksi tangga, 3) untuk mengetahui respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran pada kompetensi dasar merancang konstruksi tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 sebanyak 28 siswa, data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi, tes dan respon siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan 1) lembar observasi, 2) tes siklus, 3) angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian 1) analisa validasi perangkat pembelajaran, 2) analisa keterlaksanaan model pembelajaran CTL, 3) analisa tes hasil belajar siswa, 4) analisa angket respon siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh terdapat peningkatan keterlaksanaan model pembelajaran CTL pada kegiatan guru mengajar. Dalam Kunandar (2010:235) aspek penilaian terdiri dari 4 (empat) dengan masing-masing kategori yaitu: 1 (Kurang Baik), 2 (Cukup), 3 (Baik), 4 (Sangat Baik). Pada siklus I memperoleh hasil 2,39 termasuk dalam kategori Cukup, hasil yang diperoleh pada siklus II terdapat peningkatan dari siklus I yaitu 3,84 termasuk kategori Sangat Baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 9 siswa atau sebesar 32,14% dan meningkat pada siklus II sebanyak 26 siswa atau sebesar 92,86%. Hasil angket respon siswa memperoleh nilai tertinggi sebesar 85,7% atau 24 siswa yang menyatakan setuju dengan model pembelajaran CTL, sedangkan nilai terendah sebesar 72,5% atau 20 siswa yang menyatakan model pembelajaran CTL tidak menyenangkan pada mata pelajaran konstruksi tangga.

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa

Abstract

Based on interviews with students of class XI TGB 1 SMK Negeri Kemlagi Mojokerto, the problems that occur include students only listen to the teacher without explanation what is learned by how the application in the field, students pay less attention to what the teacher explained, students are less involved in learning activities, then Proper completion is required by implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) learning models to improve student learning outcomes.

The purpose of this research is to 1) to know the implementation of CTL learning model on the basic competence to design the construction of class ladder XI TGB 1, 2) to know the improvement of student learning outcomes by using CTL learning model on basic competence to design the ladder construction, 3) to know the student response by using Learning model on the basic competence of designing stair construction. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) conducted in SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. The subjects of this research are students of class XI TGB 1 as many as 28 students, the data collected by using instrument is device validation sheet, observation sheet, test and student response. Data collection techniques used were observation sheets, cycle tests and student response questionnaires. Data analysis technique used in the research 1) learning device validation analysis, 2) analysis of learning model implementation of CTL, 3) analysis of student learning result test, 4) student response questionnaire analysis.

The result of this research is increasing the implementation of CTL learning model in teaching teacher activity. In Kunandar (2010: 235) assessment aspect consists of 4 (four) with each category namely: 1 (Less Good), 2 (Enough), 3 (Good), 4 (Very Good). In the first cycle I get 2.39 results included in the category Enough, the results obtained in cycle II there is an increase from cycle I ie 3.84 including the category of Very Good. While the students' learning outcomes in the complete cycle I of 9 students or 32.14% and increased in cycle II as many as 26 students or equal to 92.86%. Result of questionnaire of student response get highest score equal to 85,7% or 24 student expressing agree with learning model of CTL, whereas lowest score equal to 72,5% or 20 student expressing CTL learning model is not fun on ladder construction subject

Keywords: Coontextual Teaching and Learning, Student Learning Outcomes, Student Response

Published
2017-05-09
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 17