PENGARUH  PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA NILAI MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • ERIC SANDI HUTAJULU

Abstract

Hasil pengamatan bahwa suasana pembelajaran pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan di kelas XI TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo masih bersifat konvensional. Dimana guru mendominasi kegiatan belajar-mengajar sementara siswa hanya mendengarkan dan mempraktikan sesuai perintah guru. Metode latihan terbimbing merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru disekolah untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan mengetahui hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen One Case Shoot Study. Rancangan penelitian eksperimen menggunakan dua metode yaitu treatment yang diberikan dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 2 yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan, dan tes. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran sebelum digunakan sebagai perangkat dikelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo, lembar keterlaksanaan bertujuan untuk mengetahui kegiatan mengajar guru dan kegiatan siswa dan tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan latihan terbimbing. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis hasil validasi, menganalisis hasil keterlaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran silabus mendapat skor rata-rata 4,16 dengan kategori baik, RPP mendapat skor rata-rata 4,16 dengan kategori baik, materi mendapat skor rata-rata 4,25 dengan kategori sangat baik, dan soal mendapat skor rata-rata 4,45 dengan kategori sangat baik. Hasil pengamatan kegiatan guru mengajar mendapat skor rata-rata 3,94 dengan kategori baik dan hasil kegiatan siswa mendapat skor rata-rata 3,58 dengan kategori baik. Secara individu 22 siswa tuntas dan 5 siswa belum tuntas. Sedangkan secara klasikal hasil belajar siswa sebesar 81% dengan nilai modus sebesar 94, median 93, dan mean 83,44.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, keterlaksanaan, hasil belajar.

Abstract

The result of observation that the learning situation in the building construction drawing class in class XI TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo is still conventional. Where the teacher dominates the teaching-learning activities while the students just listen and practice as instructed by the teacher. Guided training method is one of the alternatives that teachers can use in order to improve student activeness. The formulation of the problem in this research is the feasibility of instructional devices, learning implementation, and learning outcomes. The purpose of this study is to determine the feasibility of learning tools, know the implementation of learning, and know the student learning outcomes.

This type of research is a One Case Shoot Study experiment. The experimental research design uses two methods: treatment and observation. Population in this research is student of class XI TGB 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo. While the sample in this study were students of class XI TGB 2 which amounted to 27 people. The research instrument used is validation sheet, learning device, implementation sheet, and test. The data collection technique used is the learning device validation sheet aimed to find out the feasibility of the learning device before being used as a device in class XI TGB 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo, the objective sheet aimed to find out the teaching activities of the teacher and the student activities and the tests aimed to find out the students learning outcomes after the learning With guided training. Data analysis techniques used are analyzing the validation results, analyzing the results of learning implementation and analyzing student learning outcomes.

The results of this study indicate that the feasibility of syllabus learning tools got an average score of 4.16 with good category, the RPP got an average score of 4.16 with good category, the material got an average score of 4.25 with very good category, Got an average score of 4.45 with very good category. The result of observation of teacher activity got average score 3,94 with good category and student activity result got score average 3.58 with good category. Individually 22 students completed and 5 students have not been completed. While the classical student learning outcomes of 81% with a mode value of 94, median 93, and mean 83.44.

Keywords: Learning tools, Implementation, Learning outcomes.

Published
2017-05-10
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 49