PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PADA KOMPETENSI DASAR MENYAJIKAN GAMBAR KONSTRUKSI ATAP SESUAI KAIDAH GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI TGB DI SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

  • AGUNG SUJITO PUTRO

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peserta didik di SMKN 2 Probolinggo masih kesulitan dalam memahami materi kompetensi dasar menyajikan gambar konstruksi atap serta mengaplikasikannya dalam kegiatan praktikum, disebabkan media yang digunakan berbentuk maket rumah yang bentuknya lebih fokus pada bentuk eksterior dan interior, sehingga pada konstruksi atapnya siswa tidak dapat melihat secara utuh bagian-bagiannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dilaksanakan di SMKN 2 Probolinggo semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian menggunakan kelas XI TGB. Teknik analisis data berupa analisis kelayakan perangkat dan media pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa.

Penelitian menggunakan media miniatur didapatkan empat hasil. (1) Kelayakan media mendapat presentase rata-rata 89,44%, termasuk dalam kualifikasi sangat layak, (2) Keterlaksanaan pembelajaran pertemuan satu, keterlaksanaan pembelajaran  guru mendapat presentase rata-rata sebesar 72,4% dengan kategori baik dan aktifitas pembelajaran siswa mendapat presentase rata-rata sebesar 61% dengan kategori baik. Keterlaksanaan pembelajaran pertemuan dua, keterlaksanaan pembelajaran guru mendapat presentase sebesar 89,6% dengan kategori sangat baik dan aktifitas pembelajaran siswa mendapat presentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik, (3) Hasil belajar siswa yang berjumlah 24 siswa telah mencapai target ketuntasan belajar sebesar 100%, serta didapatkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 77,83 diatas nilai KKM yang diterapkan oleh sekolah sebesar 75, (4) Respon siswa terhadap media miniatur termasuk dalam kriteria sangat baik dengan presentase rata-rata sebesar 87%.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Miniatur Konstruksi Atap Pelana.

Abstract

This research in the background behind by the students in SMKN 2 Probolinggo still difficulty in understanding the basic competence materials present the image of the roof contruction and apply it in practical activities, due to the media used in the form of a home model that is more focused on the shape of the exterior and interior, so that on the roof construction students can not see in full the parts. The tudy aims to determine the feasibility of media, learning activity, learning outcomes, and student responses.

The research used is research and development, implemented in SMKN 2 Probolinggo even semester of academic year 2016/2017. The research subjects used class XI TGB. Data analysis technique is feasibility analysis of device and learning media, analysis of learning effectiveness, learning outcomes, and student responses.

Research using miniature media got four result. (1) Media eligibility earned an average percentage of 89,44%, included in the qualification is very feasible, (2) The implementation of one meeting lesson, the implementation of teacher learning gets an average percentage of 72,4% with good category and student lerning activity gets an average percentage of 61% with good category. The implementation of learning meeting two, the implementation of teacher learning gets a percentage of 89,6% with very good category and student learning activities get an average percentage of 85% with very good category, (3) Student learning outcomes totaling 24 students have achieved the target completeness of learning by 100%, and obtained the average value of learning outcomes of 77,83 above the value of KKM applied by the school for 75, (4) Student responses to miniature media are included in very good criteria with an average percentage of 87

Keywords: Development, Media Miniature Construction Roof Saddlery.

Published
2017-06-15
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 120