Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif  Lectora Pada Mata Pelajaran Konstruksi Kusen Daun Pintu dan Jendela di SMK Negeri 1 Madiun

  • TERZIA AGUNG NUGROHO

Abstract

Penelitian pengembangan media interaktif yang akan disampaikan berikut ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif, yang dapat membantu siswa di dalam proses belajar mengajar dan mengetahui hasil belajarnya terhadap materi yang diajarkan, serta memberikan respon pada media dengan materi konstruksi kusen dan daun pintu dan jendela di SMK Negeri 1, Madiun.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model Research and Development (R&D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design pada kelas XI TGB, dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini memiliki 7 (tujuh) tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain media pembelajaran, (4) validasi media pembelajaran, (5) revisi media pembelajaran, (6) uji coba media pembelajaran, dan (7) analisis dan pelaporan hasil media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif Lectora pada mata pelajaran konstruksi kusen, daun pintu dan jendela menunjukkan kategori yang sangat baik dengan prosentase 86%. Kategori aspek pelaksanaan pembelajaran dengan prosentase 84%. Soal dalam media dikategorikan baik dengan prosentase 82% dan mendapatkan respon sangat menarik dari siswa dengan prosentase 88%. Hasil post test menunjukkan bahwa siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dari pada yang tidak menggunakannya.         

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Lectora, Research and Development (R&D).

Abstract

The development of interactive learning media’s research has the objective to produce an interactive learning media, which can help students to understand in teach and learning process and to know the results of the study on the topic presented, and then give a respond to the media with construction of frame, door, and window subject in SMK Negeri 1 Madiun.

Type of this research is the development research with reference to Research and Development (R&D) model. The study design plan was used a Quasi Experimental Design in XIth TGB grade, with the treatment of 2-class as the control class and experimental class.

This research has 7 (seven) stages, that are: (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) design of learning media, (4) validation of learning media, (5) revision of learning media, (6) the trial of learning media, and (7) the analysis and reporting of the results of learning media. The results of the research development of interactive learning media on construction of frame, door, and window showed a very good category to be used in learning with a percentage of 86%. This category is also obtained for the aspect of learning implementation with a percentage of 84%. The questions on the media got a good category by percentage 82% and get a very interesting response from students with a percentage of 88%. Post test results showed that students obtain higher learning results by using interactive learning media than those not using it.

Keyword: Interactive Learning Media, Lectora, Research and Development (R&D).

Published
2017-06-16
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 29