PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH PLAYER PADA KD MENERAPKAN CARA PEMASANGAN BERBAGAI KONSTRUKSI BATU-BATA BERDASARKAN KETENTUAN DAN SYARAT YANG BERLAKU (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 7 SURABAYA)

  • REYNOLD

Abstract

Guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif agar dapat membuat kondisi belajar tercipta sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, untuk itu sudah seharusnya guru memanfaatkan media atau alat bantu yang mampu merangsang pembelajaran secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah; (1)Menghasilkan media adobe flash player; (2)Menghasilkan perangkat pembelajaran; (3)Mengetahui hasil keterampilan siswa; (4)Mengetahui respon siswa.

Jenis penelitian yang dilaksanaan adalah penelitian pengembangan (Research and development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Konstruksi Batu Beton SMKN 7 Surabaya. Jumlah subjek penelitian sebanyak 20 siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1)Hasil validasi adobe flash player sebesar 90% yang berada dalam kategori Sangat layak; (2)Hasil validasi perangkat adalah 94% yang berada dalam kategori Sangat layak; (3)Rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 80,17 yang berarti hasil keterampilan siswa kelas XI KBB SMKN 7 Surabaya setelah penggunaan media adobe flash player adalah lebih besar dari KKM 75; (4)siswa tertarik dan dapat menerima pembelajaran menggunakan media adobe flash player dengan nilai sebesar 3,34

Kata Kunci: Media adobe flash player, perangkat pembelajaran, hasil keterampilan siswa, hasil respon siswa

ABSTRACT

Teachers are required to make the learning become more innovative in order to create a favorable learning conditions in accordance with the objectives to be achieved, for that teachers should use the media or tools that can stimulate learning effectively and efficiently. The purpose of this research is; (1) Produce a media adobe flash player; (2)  Produce a device of learning; (3) Find out the results of studentss skills; (4) Knowing the students response.

The type of research conducted is research development (Research and development). The subject of this research is the students of class XI Construction of Concrete Stone SMKN 7 Surabaya. The number of research subject as many as 20 students.

The result of research show that (1) the result  validation of adobe flash player is 90% which is in the category Very decent; (2) the results validation of the learning device is 94% which is in the category of Very decent; (3) Average student skill result is 80,17 which means skill result student of class XI KBB SMKN 7 Surabaya after use media adobe flash player is bigger than KKM 75; (4) students are interested and can receive learning using media adobe flash player with value of 3.34

Keywords: Media adobe flash player, learning device, student skill result, student response result

Published
2017-07-17
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 15