PENERAPAN MODUL PADA KELAS X TGB 2 PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 KEMLAGI.

  •   IRHAMUDDIN

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kemlagi, dengan tujuan untuk mengetahui; (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan modul pada materi pokok Bahan bangunan batu beton. (2) respon siswa terhadap pembelajaran  modul pada materi pokok bahan bangunan batu beton. (3) peningkatan hasil belajar siswa mengunakan modul pada materi pokok Bahan bangunan batu beton.

Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan menggunakan bentuk One Shoot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Program Studi Teknik Gambar Bangunan, sedangkan sampel yang yang digunakan kelas X TGB 2 dengan jumlah siswa 31 orang. Tes dilakukan pada pertemuan 3 setelah materi yang selesai diajarkan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul, pada  kegiatan siswa memperoleh rerata skor 85,11%, kategori terlaksana dengan sangat baik. (2) respon siswa terhadap pembelajaran modul memperoleh rerata skor 83,35% kategori siswa antusias terhadap pembelajaran dengan modul. (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan modul memperoleh rerata nilai 86,85. Hasil tersebut mengalami peningkatan dari  KKM = 75 dan hasil belajar tanpa menggunakan modul  = 74,81, dimana terjadi peningkatan  hasil belajar sebesar 16,09%.

Kata Kunci : Hasil belajar , Keterlaksanaan Pembelajaran, Respon Siswa.

Abstract

This research was conducted at SMK Negeri 1 Kemlagi, with the aim to know; (1) the implementation of learning with modules on the subject matter of concrete stone materials. (2) students' response to module learning on the subject matter of concrete stone building materials. (3) improvement of learning outcomes of students using modules on the subject matter Concrete stone building materials.

The research design used is Pre Experimental Design using One Shoot Case Study form. The population in this research is the students of SMK Study Program of Building Drawing Technique, while the sample used is class X TGB 2 with the number of students 31 people. The test is done at meeting 3 after the finished material is taught.

The results showed that: (1) the implementation of learning using the module, the students' activity obtained the average score of 85.11%, the category performed very well. (2) student's response to learning module get average score 83,35% student category enthusiastic toward learning with module. (3) student learning outcomes after using the module obtained a mean value of 86.85. The result is an increase of KKM = 75 and learning outcomes without using module = 74.81, where there is an increase in learning outcome of 16.09%.

Published
2017-07-19
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 30