PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DENGAN PROGRAM SWISHMAX 4 PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X SMKN 7 SURABAYA

  • NELLY NILLAM PUTRI

Abstract

Mekanika Teknik merupakan mata pelajaran dasar pada program keahlian Teknik Bangunan yang kurang diminati oleh siswa karena sulit dipahami dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan penggunaan multimedia dengan program swishmax 4 dalam proses pembelajaran Mekanika Teknik kelas X SMK, (2) Respon siswa terhadap multimedia dengan program swishmax 4 pada mata pelajaran Mekanika Teknik Kelas X SMK, (3) Kelayakan Multimedia dengan program swishmax 4 ditinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X SMK.

Penelitian ini menggunakan  Research and Development(R&D). Penelitian ini terdiri dari 6 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk. Instrumen Penelitian ini menggunakan Lembar angket respon siswa, Lembar checklist keterlaksanaan pembelajaran dan lembar soal tes belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil dari validasi media, materi, perangkat dan instrument masing – masing 83,75%, 85%, 88,2% dan masuk dalam kriteria sangat baik. (2) Hasil keterlaksanaan penggunaan multimedia pada pertemuan 1, 2 dan 3 masing – masing 82,25%, 83,75%, dan 85%. (3) Hasil Respon siswa sebesar 84,38%. (4) Rata- rata Hasil belajar siswa pada pertemuan 1, 2 dan 3 masing – masing  83,72, 86,72, dan 90,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Multimedia dengan program Swishmax 4 dapat digunakan untuk pembelajaran dikelas.

Kata Kunci: Pengembangan Multimedia Mekanika Teknik; Swishmax 4; Tegangan

Abstract

Mechanics Engineering is a basic subject in a program of civil engineering skills less interested by students because it is difficult to understand and boring. The purpose of this study to know 1) The implementation of multimedia use with swishmax 4 program in the learning process of mechanical technique of first grade vocational high school, 2) Student response to multimedia with swishmax 4 program on mechanical engineering subjects of first grade vocational high school, 3) the feasibility of multimedia with swishmax 4 program in terms of student learning outcomes on the subjects of technical mechanics first grade vocational high school.

This study uses Research and Development (R&D). this research consists of 6 steps namely 1) Potential and Problems, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Revision Design, 6) Product Trial. The instrument of study using response questionnaire sheet, instructional learning checklist sheet, and learning test sheet.

The result of this study show that 1) the result validation of media, materials instrument and instrument respectively 83,75%, 85%, 88,2% and included in the criteria very well, 2) the result of implementation of multimedia usage at meeting of 1,2 and 3 respectively 82,85%, 83,75% and 85%, 3) Student Response result of 84,38%, 4) the average of student learning outcomes at meeting 1, 2 and 3 respectively 83.86, 86.72, and 90.5. Thus is can be concluded that multimedia with swishmax 4 program can be used for classroom learning.

Keywords: Development of Multimedia Engineering Mechanics; Swishmax 4; Voltage  

Published
2017-07-20
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 24