PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) KELAS XI TGB DI SMKN JRENGIK KABUPATEN SAMPANG

  • ANA NURJANNAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran rencana anggaran biaya konstruksi kuda-kuda kayu, respon siswa dan hasil belajar siswa menggunakan metode TAI.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental design bentuk one-shoutcase study dengan menggunakan satu kelas yang dilakukan secara terbagi beberapa kelompok  terdiri dari 4-5. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi kelayakan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TAI,  respon siswa dan tes hasil belajar (post-test) pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga kelas XI TGB di SMK Negeri Jrengik dengan menggunakan Uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan penilaian kelayakan perangkat sebesar 82,25%, respon siswa sebesar 81,41% dan hasil belajar siswa berdasarkan perhitungan uji t didapatkan nilai sebesar thitung > ttabel (13,10 > 1,74). Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sesudah menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Kata Kunci :  Team Assisted Individualization (TAI), Kelayakan Perangkat Pembelajaran, Respon Siswa, Hasil,Belajar Siswa.

Abstract

This study aims to determine the applicatione of the  feasibility of learning tools using the method of Team Assisted Individualization (TAI) teamed on the subject of budget plan horse wood horse construction costs, student  responses and student learning outcomes using the TAI.

This the type of research used is pre-experimental study design form one-shoutcase study by using a class that is done divided into several groups consisting of 4-5. Date collection in this research was obtained through validation sheet of the feasibility of learning model cooperative learning model of type TAI , student response and test result of learning (post-test) at first meeting, second and third grade of TGB XI at SMKN Jrengik by using t test.

The results showed that there was an increase in feasibility assessment of  the device of 82,25%, the student response was 81,41%, and the students learning outcomes based on the value of arithmetic tcount  > ttable(13,10 > 1,74). That is, there are significant differences in learning outcomes after applying TAI type cooperative learning methods with classes that apply conventional learning methods. Thus, cooperative learning model type TAI effect on student learning  on the subjects Budget Plan. Cost (RAB).

Keywords: Team Assisted Indvidualization (TAI), Feasibility  Learning Devices, Student response, Student Learning outcomes.

Published
2017-07-24
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 58