IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA POKOK BAHASAN MENGGAMBAR PROYEKSI BANGUNAN SEDERHANA DI KELAS XI TGB 1 SMKN 1 MOJOKERTO (Berbasis Kurikulum 2013)

  • FAKHRUDDIN AZIZ

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan Menggambar Proyeksi Bangunan Sederhana di kelas XI TGB 1 SMKN 1 Mojokerto dengan rincian yaitu 1). Kelayakan instrumen penilaian kinerja dan 2). Hasil belajar siswa yang dicapai melalui implementasi instrumen penilaian kinerja.

Metode penelitian ini adalah penelitian penerapan (implementasi) yang didahului dengan mengadaptasi lembar penilaian BSNP Tahun 2015/2016. Data yang diperlukan pada penelitian ini diperoleh melalui teknik implementasi. Teknik ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dicapai melalui implementasi instrumen penilaian kinerja yang disusun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil kelayakan instrumen penilaian kinerja menunjukkan persentase sebesar 80,00% atau valid, artinya instrumen penilaian dapat digunakan untuk menilai kinerja siswa. Hasil belajar siswa kelas XI TGB 1 didapatkan nilai rerata sebesar 78,0. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik simpulan bahwa, instrumen penilaian kinerja dapat diimplementasikan pada pokok bahasan Menggambar Proyeksi Bangunan Sederhana di kelas XI TGB 1 SMKN 1 Mojokerto dan dapat mengetahui hasil belajar siswa, namun perlu penyesuain komponen penilaian. Komponen penilaian yang mengalami penyesuaian yaitu proses (sistematika dan cara kerja) dan hasil kerja.

Kata Kunci: Implementasi, Instrumen Penilaian, Kinerja, Kurikulum 2013, Hasil Belajar.

Abstract

The purpose of this research is to know the student learning result on the subject Drawing Projection of Simple Construction in class XI TGB 1 SMKN 1 Mojokerto with details 1). Validity of performance assessment instrument and 2). Student learning result which is achieved through the implementation of performance assessment instrument.

The metode of this research is implementation research which preceded by adapting assessment instrument of BSNP 2015/2016. The data in this research is obtained through the technique of implementation. This technique is used to know the student learning result which is achieved through the implementation of performance assessment instrument are prepared.

The result of this research shows the validity result of performance assessment instrument shows the percentage is 80,00% or valid, it means that assessment instrument can be used to assess student performance. The student learning result of class XI TGB 1 got the average score equal to 78,0. Based on the result of the research, it can be concluded that, the performance assessment instrument can be implemented on the subject Drawing Projection of Simple Construction in class XI TGB 1 SMKN 1 Mojokerto and can know the student learning result, but need to adjust the assessment component. The assessment component that have adjutment are process (systematics and procedure) and result of work.

Keywords: Implementation, Assessment Instrument, Performance, Curriculum 2013, Learning Result.

Published
2017-07-24
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 147