Penggunaan Media Animasi 3 Dimensi Berbasis Blender Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di Kelas X SMK Negeri 7 Surabaya

  • YANUAR YUDHA PERWIRA

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Surabaya memiliki kendala yaitu siswa kelas X yang masih kurang dalam memahami pelajaran. Hal ini berdasarkan wawancara dengan kepala jurusan Teknik Gambar Bangunan yang menyatakan penurunan jumlah siswa jurusan TGB dari kelas X yang berjumlah rata-rata 36, dan menurun tiap kenaikan kelas, dan akhirnya menurun menjadi 28-30 siswa pada kelas XII. Oleh karena itu diperlukan perhatian yang lebih khusus pada kelas X TGB, sehingga perlu dilaksanakan penelitian menggunakan media animasi 3 dimensi. Tujuan penelitian ini adalah (a) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran; (b) keterlaksanaan pembelajaran; (c) hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimental dan menggunakan model One-Shot Case Study. Penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Surabaya. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 7 Surabaya. Jumlah subjek penelitian sebanyak 33 siswa.

Hasil rata-rata kelayakan perangkat pembelajaran sebesar 83,02%. Sehingga perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan. Hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 72,54%. Sehingga keterlaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori baik. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,33. Berdasarkan KKM di SMKN 7 Surabaya hasil tersebut masih di bawah KKM dengan selisih 1,67.

Kata Kunci: animasi 3 dimensi, Blender, Konstruksi Bangunan, Teknik Gambar Bangunan.

Abstract

Vocational High School 7 Surabaya has an obstacle that is students in class X who are still less in understanding the lesson. This is based on an interview with the head of Building Drawing Engineering Department who stated the decrease in the number of students of BDE from class X which amounted to an average of 36, and decreased every grade promotion, and eventually decreased to 28-30 students in class XII. Therefore, more special attention is needed to the BDE class X, so research needs to be done using 3 dimensional animation media. The objectives of this research are (a) to know the feasibility of learning device; (b) the implementation of learning; (c) student learning outcomes.

The type of research conducted is experimental research and using the One-Shot Case Study model. This research was conducted at SMKN 7 Surabaya. The research was conducted in the second semester of academic year 2016/2017. The subject of this research is the students in class X Building Drawing Engineering Department SMKN 7 Surabaya. The number of research subjects were 38 students.

The average result of learning device feasibility is 83.02%. So the learning device is said to be feasible to use. The average learning implementation was 72.54%. So that the implementation of learning into the category of good. The average of student’s learning result is 73.33. Based on KKM at SMKN 7 Surabaya the result is still below KKM with difference of 1.67.

Keywords: 3 dimensional animation, Blender, Building Construction, Building Drawing Engineering.

Published
2017-07-24
Abstract Views: 229
PDF Downloads: 186