PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATAIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBASIS PRODUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONALTERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPAKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 KEMLAGI

  • MERY ANDIANI

Abstract

Model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang gambar. Tujuan penelitian adalah untuk 1)mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbasis produk, 2)mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbasis produk dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Gambar Teknik.

Jenis penelitian ini adalah true experimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas dan menguji hipotesis dengan uji-t dua pihak. Penelitian dilaksanakan setelah perangkat pembelajaran dinyatakan valid oleh validator.

Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbasis produk pada pertemuan 1 dan 4  mendapat katagori sangat baik dengan persentase 81% dan 82%, sedangkan keaktifan siswa mendapat katagori sangat aktif dengan persentase 84%. Analisis penilaian produk, nilai thitung  2,09 dan 2,52 dengan harga ttabel sebesar 2,04, maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya ada perbedaan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaram kooperatif tipe Example Non Example berbasis produk lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.  Analisis penilaian tes hasil belajar, nilai thitung 1,25, maka H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak ada perbedaan antara kedua kelas.

Kata Kunci: Example Non Example, Gambar Teknik

Abstract

Cooperative learning model of example non example type can improve understanding students abaut picture. Research purposes is to 1) determine learning process Bases Draw Technique by used Cooperative learning model of example non example type based on products, 2) know difference of Cooperative learning model of example non example type based on products Conventional learning model to learning outcomes Apply Bases Draw Technique.

The research is true experiment research. The research instrument used consists of the observation sheet of learning process and the test of result study. Data analysis technique learning process used was descriptive analysis while learning outcomes to be analysed with test of normalitas, homogeneity and hypothesis test using t-test of two side. The research was executed after peripheral of study expressed valid by validator.

Learning process use using Cooperative learning model of example non example type based on products at  meeting 1 and 4 getting very good category with percentage 81% and 82%, while livelines of student get very active category with percentage 84%. From analysis assessment of product, got tcalculation 2,09 and 2,52 with the table of tvalue is 2,04, Therefore, H1 is accepted and H0 is rejected which means there a difference between the two classes with class average value used Cooperative learning model of example non example type based on products than class used Conventional learning model. While analysis assessment of tes result of learning, to be got tcalculation 1,25, therefore, H0 is accepted and H1 is rejected with which means there is no difference between the two classes

Keywords: Example Non Example, Drawing Technique

Published
2017-07-24
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 38