PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO AUDIO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SMK KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMKN 7 SURABAYA

  • Javier Septian Salasa Putra

Abstract

Siswa masih belum bisa menggambarkan suatu bidang potongan karena siswa kesulitan membayangkan bentuk benda yang dipotong. Media yang digunakan pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan masih kurang bervariasi, oleh karena itu tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendapatkan media video audio animasi yang layak pada pelajaran gambar konstruksi bangunan di SMKN 7 Surabaya serta mendapatkan variasi/alternatif pembelajaran yang sesuai dengan pelajaran tersebut.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan 4D Thiagarajan. Melalui tahapan-tahapan pada model pengembangan 4D ini nantinya diperoleh kelayakan media dari para ahli agar sesuai dan dapat digunakan sebagai pembelajaran di SMK.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan media oleh para ahli menunjukan presentase kelayakan sebesar 82% (sangat layak). Hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung (MPL) menggunakan media video audio animasi menunjukan presentase keterlaksanaan sebesar 81,25% (sangat baik) pada pertemuan I dan 86,25% (sangat baik) pada pertemuan II. Hasil belajar siswa menunjukan presentase ketuntasan sebesar 80% (tinggi). Hasil respon siswa menunjukan presentase sebesar 83,2 (baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video audio animasi dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pada pelajaran gambar konstruksi bangunan di SMKN 7 Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, media, video audio,  animasi.

Abstract

Students still can not draw a section area due to students can not imagie the form of the object cutted. The media used in the drawing lesson of building construction is still less varied, therefore the purpose of this development research is to get a decent audio video animation media on the lesson of building construction drawings in SMKN 7 Surabaya and get variations or alternative learning in accordance with the lesson.

The development model used in this research is adapted from the Thiagarajan 4D development model.Throught the stages of the stage of this 4D development model wll be obtained media feasibility of the experts to fit and can be used as a learning in SMK.

The results of research show that the feasibility percentage of media 82% (very feasible). The results of the implementation of learning by direct learning method (MPL) using audio video animation media shows the presentation percentage of 81,25% (very good) at meeting I and 86,25% (very good) at meeting II. Student learning outcomes show percentage 80% (high). Result of a student response show percentage equal to 83,2% (very good). So it can be concluded that the audio video animation media can be used as an alternative learning on drawing lesson of building construction in SMKN 7 Surabaya.

Keywords: Development, audio video, animation,  media.

Published
2017-07-25
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 79