PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TGB SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

  • RIFANDIS SULKHIN

Abstract

Di dalam proses pembelajaran, siswa sering menjadi objek yang dipersalahkan ketika tidak mampu menyerap materi pelajaran. Faktor yang memepengaruhi adalah pendidik, siswa, dan situasi. Ketiga faktor tersebut bisa diseimbangkan dengan interaksi edukatif yang terwujud dalam Student Centered Learning (SCL). Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, respon, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Gedung. Manfaat penelitian ini yaitu memberi alternatif guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar.

Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design bentuk one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Mojokerto. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket respon, dan lembar tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, pengisisan angket dan tes menggambar. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari persentase keterlaksanaan, respon, dan dasil belajar yang diinterpretasikan dalam skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori baik. Persentase observasi kegiatan guru 75,10% dan persentase observasi kegiatan siswa 71,77%. Hasil analisis respon siswa menunjukkan rerata keseluruhan dari 12 pernyataan 76,69% dan masuk dalam kategori baik. Persentase hasil belajar siswa klasikal 78,57% dan dapat dikatakan tuntas.

Kata kunci :Penerapan, Problem Based Learning, Gambar Konstruksi Bangunan Gedung.

ABSTRACT

In the learning process, students often become the object of blame when not able to absorb the subject matter. Factors that influence are educators, students, and situations. These three factors can be balanced with the educative interaction realized in Student Centered Learning (SCL). This research to determine the implementation of learning, response, and student learning outcomes after applied the model Problem Based Learning (PBL) on the subject Drawing Building Construction. The benefit of this research is to give teacher alternatives in choosing the right learning model in teaching and learning process.

Type of this research is pre-experimental design form one-shot case study. This research was implemented in the even semester of the academic year 2016/2017. The subject of this research is the students of class XI TGB 2 SMK Negeri 1 Mojokerto. The instruments used were observation sheet, response questionnaire, and test result learning sheet. Data collection techniques in this research were observation, questionnaire and drawing test. Data analysis technique is by searching percentage of learning, response, and learning result interpreted in likert scale.

The results of research showed that the implementation of learning into good category. Percentage observation of teacher activity 75,10% and observation percentage of student activity 71,77%. The results of the student response analysis showed the overall average of 12 statements is 76,69% and into good category. Percentage  classical student learning result 78.57% and can be said to be complete.

Keywords:Implementation, Problem Based Learning, Image Building Construction.

Published
2017-07-28
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 70