PERAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KELAS X TGB SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • LUQMAN CHAKIM

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar selain strategi dan model pembelajaran. Media powerpoint berbasis video berperan dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih menarik, mudah dipahami, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai hasil belajar, proses pembelajaran, dan respons siswa menggunakan media powerpoint berbasis video.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Surabaya dengan sasaran kelas X TGB 1 yang berjumlah 25 siswa. Variabel yang diteliti antara lain hasil belajar siswa, proses pembelajaran, dan respons siswa. Pengumpulan data untuk hasil belajar dengan tes uraian, proses pembelajaran dengan pengamatan kelas, dan respons siswa dengan kuesioner (angket) respons dalam menggunakan media powerpoint berbasis video.

Hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,46 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 80,00%, proses pembelajaran berjalan lancar dengan nilai rata-rata 4,51 dengan skor maksimal 5. Siswa merespons baik dengan nilai sebesar 84,96 dari nilai maksimal 100. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint berbasis video berperan positif terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Powerpoint Berbasis Video, Hasil Belajar Siswa, Keterlaksanaan Pembelajaran, Respons Siswa

ABSTRACT

Medium teaching is one of the factors that influence the learning activities in addition to strategies and learning models. Video-based powerpoint as a learning medium plays a role in the learning process to become more interesting, easy to understand, and fun. The purpose of this study is to obtain information about learning outcomes, implementation of learning, and student responses using video-based powerpoint as a medium.

This research was conducted at vocational high school 3 Surabaya with target is class X TGB 1 which amounted to 25 students. Research variables include student learning outcomes, implementation of learning, and student responses. Data collection for learning outcomes using a description test, learning implementation using classroom observation, and student responses using a questionnaire sheet when using video-based powerpoint as a medium.

Based on the result of student learning test gets average 81,46 with student's learning completeness reach 80,00%, implementation of learning gets average 4,51 with maximal score 5, and student response gets average 84,96%. So, it can be concluded that learning by using video-based powerpoint as a medium gets positive results on student learning.

Keywords: Powerpoint-based Video, Student Learning Outcomes, Implementaion of Learning, Student Responses

Published
2017-07-28
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 58