KUALITAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU DAN IMPLEMENTASINYA PADA  JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • DINO MARTA GEMILANG

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kerjasama antara guru sebagai fasilitator dan keaktifan siswa dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mempelajari sesuatu. Setiap pembelajaran selamanya akan berbeda sesuai dengan tujuan, materi pelajaran, serta karakteristik siswa sebagai subjek belajar. Oleh karena itu, guru harus merencanakan pembelajaran dengan matang sebagai bagian dari tugas profesionalnya.

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kualitas RPP yang disusun guru di jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Bojonegoro dan implementasi sebagai wujud pengaplikasian penyusunan RPP.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang datanya disajikan secara deskriptif.Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi.

Penilaian kualitas RPP didapatkan rata-rata pada masing-masing mata pelajaran adalah: 73%, 73%, 73%, 53%, 61, dan 82%. Sedangkan pada observasi implementasi RPP yang telah dilaksanakan didapatkan prosentase sebesar 72%, 76%, 81%, 65%, 84%, dan 71%. Dengan demikian kualitas dan implementasi RPP yang diobservasi dapat dikategorikan sangat relevan (SR) karena penyusunan dan pelaksanaan perangkat RPP seluruhnya sama antara pelaksanaan RPP dengan rambu yaitu lebih dari 50% yang relevan.

Kata kunci: Kualitas, RPP, dan Implementasi.

ABSTRACT

QUALITY OF LEARNING IMPLEMENTATION PLAN (RPP) AND IMPLEMENTATION OF WOOD CONSTRUCTION ENGINEERING DEPARTMENT SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Learning is a process of cooperation between teacher as a facilitator and liveliness of students by utilizing existing resources to learn something. Each learning will forever be different according to the objectives, subject matter, as well as the characteristics of the students as the subject of learning. Therefore, the teacher should plan the learning carefully as part of his professional duties.

The purpose of this study is to obtain a description of the quality of RPP prepared by teachers in the Department of Wood Construction of SMK Negeri 2 Bojonegoro and implementation as a form of application of RPP preparation. This research is a quantitative research whose data is presented descriptively. Data were collected using observation techniques.

Assessment of the quality of RPP obtained on average in each subject are: 73%, 73%, 73%, 53%, 61, and 82%. While in observation of implementation of RPP that have been done got percentage equal to 72%, 76%, 81%, 65%, 84%, and 71%. Thus the quality and implementation of the observed RPP can be categorized as highly relevant (SR) because the preparation and implementation of the RPP device is entirely the same between the implementation of RPP with signs that are more than 50% relevant.

Keywords: Quality, RPP, and Implementation.

Published
2017-07-31
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 79