KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA dan KEMAMPUAN SETELAH PKL DENGAN KESIAPAN SISWA MASUK DI DUNIA KERJA KELAS XII JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • HENNRYKA AYUBBA

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan adalah sekolah yang membuat siswa/siswi akan menjadi lebih mengenal spesifik jurusannya di tiap bidangnya. Pendidikan kejuruan yang banyak diminati siswa/siswi adalah Teknik Gambar Bangunan (TGB). Visi dan misi untuk jurusan TGB adalah menjadikan siswa/siswi berkompeten dan mampu bekerja mandiri, kreatif, teliti, dan profesional.

Penelitian ini adalah penelitian Metode deskriptif korelasional. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Siswa Setelah PKL Dengan  Kesiapan Siswa Masuk Di Dunia Kerja Kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2015/2016 siswa kelas  XII TGB.  Penelitian ini diambil kelas XII TGB 1 berjumlah 32 siswa dan kelas XII TGB 2 berjumlah 32 siswa.

Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa Angket Motivasi Belajar, Soal Kemampuan Siswa dinyatakan layak dengan kategori baik. Uji persyaratan menunjukkan bahwa Korelasi Antara Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Siswa setelah PKL Dengan  Kesiapan Siswa Masuk Di Dunia Kerja Kelas XII Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro menunjukkan hubungan korelasi yang tinggi/kuat dengan interval 0,6 sampai 0.8.

Kata Kunci: Metode Deskriptif Korelasional, Angket Motivasi Belajar, Kemampuan Gambar setelah PKL, Kesiapan Siswa Dudi, Korelasi Kuat.

Abstract

Vocational High School is a school that makes students / students will be more familiar with the specific department in each field. Vocational education is a lot of interest of students / students is a Building Drawing Technique (TGB). Vision and mission for TGB majors is to make students competent and able to work independently, creatively, thoroughly, and professionally.

This research is research of correlational descriptive method. This study aims to determine the correlation relationship between Student Learning Motivation and Student Ability After the PKL With Readiness Students Enter In The World Class XII Building Engineering Department Building SMK Negeri 2 Bojonegoro. This research was conducted in semester 1 of academic year 2015/2016 students of class XII TGB. This research is taken class XII TGB 1 amounted to 32 students and class XII TGB 2 amounted to 32 students.

The result of learning device validation shows that Questionnaire Motivation Learning, Student Ability Problems declared feasible with good category. The requirement test shows that Correlation Between Student Learning Motivation and Student Ability after PKL With Readiness Student Entered In The World of Work Class XII Department of Building Image Engineering SMK Negeri 2 Bojonegoro showed a strong correlation relationship with interval 0.6 to 0.8.

Keywords: Correlational Descriptive Method, Questionnaire Motivation Learning, Ability Picture after street vendors, Readiness Students in the World of work, Correlation  Strong.

Published
2017-07-31
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 80