PENGARUH PENGALAMAN PPP DAN KEMAMPUAN BIDANG STUDI GAMBAR BANGUNAN MAHASISWA TAHUN 2016 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TERHADAP MINAT MENJADI GURU

  • ROBITHA RAHMI A.

Abstract

Salah satu upaya untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang kompeten adalah dibentuknya program Matakuliah Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP). Didukung dengan Kemampuan Bidang Studi Gambar Bangunan mahasiswa diharapkan menunjang pelaksanaan PPP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh Pengalaman PPP dan Kemampuan Bidang Studi Gambar Bangunan terhadap Minat Menjadi Guru. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan PPP yang memadai belum tentu menumbuhkan minat mahasiswa untuk menjadi seorang guru.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei di Universitas Negeri Surabaya, dengan subjek penelitian mahasiswa peserta PPP tahun 2016 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2013. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan analisis data korelasi dan analisi regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman PPP dalam memberi pengaruh pada minat menjadi guru memiliki nilai korelasi sebesar 0.405 (sedang) dan kemampuan Bidang Studi Gambar Bangunan (PTB) pada minat menjadi guru sebesar 0.021 (sedang). Selain itu diketahui pula semakin tinggi nilai Pengalaman PPP dan nilai Gambar Bangunan maka akan berpengaruh terhadap peningkatan minat menjadi guru.

Kata Kunci : Pengalaman PPP, Kemampuan Bidang Studi Gambar Bangunan, Minat Menjadi Guru, Ex-post facto

Abstract

One of the efforts to prepare students to become a competent teaching staff  is the formation of the Learning Management Program (PPP) program. Supported by drafting ability of building to PPP implementation. The purpose of this study was to find out how much the experience of PPP have influence on student interest to become teachers. It is because adequate PPP activities do not necessarily foster student interest in becoming a teacher.

The research was conducted in May 2017 at Surabaya State University, a study program of building engineering education with research subject is PPP students 2013th which is held at 2016 . this research had a closed quissioner instrument. This research was ex-post facto which is used correlation analysis and multiple linear regression analysis.

Result of the research showed that the experience of PPP in giving influence to the interest of teacher has a correlation value of 0.405 (medium) and the ability of the Field of Building Image Studies in the interest of a teacher of 0.021 (medium). In addition it was also known that the higher the value of PPP experience and the value of building images would affect the increase of interest in becoming a teacher.

Keyword: PPP Experience, Drafting Ability of Building, An Interest to Become A Teacher, Ex-post Facto

Published
2017-07-31
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 56