PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK SISWA KELAS XI TGB DI SMKN 1 SIDOARJO

  • MIRSAL RILYANDI

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) sebelum penelitian didapat nilai kelulusan siswa masih dibawah standar KKM, hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center), serta didukung dengan lemahnya keaktifan siswa, keterampilan sosial siswa dan pola berpikir kritis siswa. Untuk mengantisipasi kelemahan pembelajaran yang berpusat pada guru, maka diberikan pembelajaran yang lebih baik melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa serta hasil belajar siswa setelah diterapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan untuk siswa program keahlian bangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian “Pre-Experimental Design” dengan bentuk One-Shot Case Study yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 sebanyak 31 siswa, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini 1) analisis validasi perangkat pembelajaran PBI, 2) analisis keterlaksanaan model pembelajaran PBI, 3) analisis hasil belajar siswa.

Dari data dan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil pengamatan keterlaksanaan kegiatan guru mengajar dengan model pembelajaran PBI pada pertemuan 1 dan 2 mencapai hasil rata-rata skor sebesar 85%, sehingga termasuk dalam kriteria 81% - 100% dengan kategori sangat baik. Keterlaksanaan kegiatan siswa belajar pada pertemuan 1 dan 2 mencapai hasil skor rata-rata sebesar 85%, sehingga termasuk dalam kriteria 81% - 100% dengan kategori sangat baik. Kondisi ini sesuai dengan pernyataan (Nur, 2011:90), bahwa model pembelajaran PBI lebih menekankan siswa pada presentasi ide-ide dan pendemonstrasian keterampilan-keterampilan, serta menghendaki guru menyajikan situasi masalah kepada siswa dan membimbing menyelidiki dan menemukan sendiri solusinya. Sedangkan hasil belajar siswa dengan bentuk tes kognitif berupa soal uraian (essay) dibandingkan dengan nilai KKM 75, maka didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa 90% lulus. Untuk ketuntasan hasil belajar psikomotorik berupa praktik membuat gambar denah perletakan kolom struktur gedung beton bertulang dengan skala 1:100 menunjukkan  hasil ketuntasan siswa 97% lulus, maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) adalah 94% termasuk dalam kategori baik dibanding ketuntasan hasil belajar sebelumnya.

Kata kunci: problem based instruction (PBI), Hasil belajar Siswa, KKM 75

Abstract

Based on the results of interviews with teachers in the field of study of Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) prior to the research, the students' score is still below the standard of KKM, this is due to social skill the learning process is still centered on the teacher (teacher center), and supported by weakness student activities, and critical thinking of students. To anticipate the weakness of teacher-centered learning, it is given the better learning through Problem Based Instruction (PBI) learning model.

The purpose of this study is to determine the implementation of teacher and student activities as well as student learning outcomes after the adoption of Problem Based Instruction (PBI) learning model on the subjects of Gambar Konstruksi Bangunan for students building skill program. Type of research used is research "Pre-Experimental Design" with One-Shot Case Study conducted in SMK Negeri 1 Sidoarjo. The subjects of this study were students of class XI TGB 1 as many as 31 students, the instruments used to collect data were the validation sheet of the learning device, the observation sheet, the test of student learning result. Data analysis techniques used in this study 1) validation analysis of PBI learning instruments, 2) analysis of PBI learning model implementation, 3) analysis of student learning outcomes.

From the data and analysis of the research showed that the results of observation of the teacher activities at meetings 1 and 2 reached an average score of 85%, so included in the criteria 81% - 100% with very good category. The implementation of student learning activities at meetings 1 and 2 achieves an average score of 85%, which is included in the 81% - 100% criteria in very good category. This condition is in accordance with the statement (Nur, 2011: 90), that the PBI learning model emphasizes the students on the presentation of ideas and demonstration of skills, and requires teachers to present the problem situation to the students and guide the investigation and find their own solutions. While the students' learning outcomes with the form of cognitive tests in the form of essay questions with the number of 5 questions compared with the value of KKM 75, obtained the completeness of student learning outcomes 90% pass. For the completeness of psychomotor learning outcome in the form of the practice of drawing the plot of the structure of the reinforced concrete building with a scale of 1: 100 shows the completeness of 97% passing students, it can be concluded that the average completeness of student learning outcomes by using classical learning model Problem Based Instruction PBI) is 94% included in either category compared to the completeness of previous learning outcomes.

Keyword: Problem Based Instruction (PBI), Student learning outcomes, KKM 75

Published
2017-07-31
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 41