PENERAPAN  SELF ASSESSMENT (PENILAIAN DIRI) DENGAN RUBRIK PADA HASIL BELAJAR SISWA MENGGAMBAR KONSTRUKSI KUSEN PINTU DAN JENDELA DI KELAS X TGB SMKN 1 KEMLAGI, MOJOKERTO

  • SUSILOWATI

Abstract

Kompetensi menggambar manual merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa Teknik Gambar Bangunan. Ketelitian diperlukan untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) hubungan hasil belajar siswa yang dinilai oleh dirinya sendiri (self assessment) dengan dinilai oleh guru dalam menggambar konstruksi kusen pintu dan jendela di kelas X TGB di SMK Negeri 1 Kemlagi dan (2) respon siswa terhadap self assessment dengan rubrik pada pembelajaran menggambar konstruksi kusen pintu dan jendela.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 pada siswa kelas X TGB 1 SMKN 1 Kemlagi dengan siswa sejumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar penilaian psikomotor produk dengan rubrik, dan angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi product-moment yang dikonsultasikan ke tabel r-Product-Moment dan taraf kesalahan 5%. Bila r hitung lebih kecil dari r tabel, maka  diterima dan  ditolak. Tetapi sebaliknya bila r hitung lebih besar dari r tabel ( > ) maka  diterima.

Hasil penelitian menunjukan (1) hubungan hasil belajar siswa yang dinilai oleh siswa dan guru dalam menggambar adalah > =0,361sehingga terdapat hubungan yang positif dengan kategori sangat kuat dan signifikan; (2) respon siswa terhadap self assessment sangat baik (86,67%) dengan rincian dibeberapa butir pernyataan siswa.

Kata kunci : self assessment, hasil belajar, lembar penilaian psikomotor produk, menggambar konstruksi kusen pintu dan jendela, respon siswa

Abstract

The competence of drawing manually is an ability that students Building Drawing Techniques must be had. Accurately is needed to get a maximum drawing result. The goal of this research are to describe (1) the correlation of student’s learning result which are assesed by him self (self assessment) with also assessed by the teacher in drawing contruction sills, door, and window class X TGB in SMKN 1 Kemlagi and (2) the student’s response toward self assessment with rubric in the lesson of drawing contruction sills, door, and window.

This research is as descriptive correlation research.  This research is held on   semester in 2016/2017 class X TGB 1 in SMKN 1 Kemlagi with students total of 30 peoples. The instrument that is used are validation sheet, a psikomotor sheet student’s with rubric questionnaire. Data analysis technique in this research using product-moment correlation is consulted into Table r-Product-Moment and 5% error rate. If count is smaller than r table, then  is accepted and  rejected. But other wise when r count is greater than r table ( > ) then  is accepted.

The results of research are (1) the correlation of the student’s learning results that are assesed by students and teacher in drawing is =0,804>  so there is a positive correlation with very streng category and significant; (2) student’s response to self assessment is very good (86,67%)  with details in some student statemens.

Key word: self assessment, learning result, the sheet of assessment psikomotor product, drawing contruction sills door and window, student’s response.

Published
2017-08-01
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 158