PELAKSANAAN MATA KULIAH PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • TEGAR SADEWO

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan mahasiswa peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL), (2) mengetahui kinerja koordinator PKL, (3) mengetahui kinerja mahasiswa peserta PKL dan (4) mengetahui kinerja dosen pembimbing PKL. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan model evaluasi Stake. Data kesiapan mahasiswa peserta PKL, kinerja dosen koordinator PKL dan kinerja dosen pembimbing PKL dalam penelitian ini didapat dari jawaban pada angket yang diisi oleh 62 mahasiswa dan 16 dosen pembimbing. Data kinerja mahasiswa peserta PKL diambil dari hasil dokumentasi penilaian PKL dari industri. Data-data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor rata-rata kesiapan mahasiswa sebesar 15,85 masuk kategori tinggi dengan rincian 10 mahasiswa (16,13%) masuk dalam kategori kesiapan sedang dan 52 mahasiswa (83,87%) masuk kategori kesiapan tinggi; (2) skor rata-rata kinerja dosen koordinator PKL 74,14 masuk kategori sedang dengan rincian 2 mahasiswa dan pembimbing (2,56%) menggambarkan kinerja koordinator dalam kategori rendah, 44 mahasiswa dan pembimbing (56,41%) menggambarkan kinerja koordinator dalam kategori sedang dan 32 mahasiswa dan pembimbing (41,03%) menggambarkan kinerja koordinator dalam kategori tinggi; (3) skor rata-rata kinerja dosen pembimbing PKL sebesar 50,5 masuk kategori tinggi dengan rincian 22 mahasiswa (35,48%) menggambarkan kinerja pembimbing dalam kategori sedang dan 40 mahasiswa (64,52%) menggambarkan kinerja pembimbing dalam kategori tinggi; (4) skor rata-rata kinerja mahasiswa peserta PKL sebesar 605,81 masuk kategori tinggi dengan rincian 62 mahasiswa (100%) masuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: pelaksanaan, praktik kerja lapangan, teknik sipil.

Abstract

This thesis aims to: (1) knowing the readiness of internship program participants, (2) knowing the performance of internship program coordinator, (3) knowing the performance of internship program participants and (4) knowing the performance of internship program supervisors. This research is an evaluative research with Stake evaluation model. Data the readiness of internship program participants, the performance of internship program coordinator and the performance of internship program supervisors was obtained from the answer on questionnaire which is filled out by 62 students and 16 supervisors. Data the performance of student internship program participants used documentation of internship assessment result from the company. The data were analyzed with descriptive statistics. The results showed: (1) the average score of student participants readiness was 15.85 in the high category with 10 students (16.13%) included in the medium readiness category and 52 students (83.87%) included in the high readiness category; (2) the average score of internship program coordinators performance was 74,14 in medium category with 2 students and supervisors (2.56%) assess coordinators performance in low category, 44 students and supervisors (56,41%) assess coordinators performance in medium category and 32 students and supervisors (41.03%) assess coordinators performance in high category; (3) the average score of supervisors performance was 50,5 in high category with 22 students (35,48%) assess of supervisors performance in medium category and 40 students (64,52%) assess supervisors performance in high category; (4) the average score of students performance was 605,81 in high category with 62 students (100%) in high category.

Keywords: implementation, internship program, civil engineering.

Published
2017-08-01
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 195