PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO WONDERSHARE PADA PRAKTIK KAYU PEMBUATAN KUSEN PINTU KELAS XI TKK SMK NEGERI 2 TRENGGALEK

  • MARIS HERMAWAN

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan media video sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menjelaskan prosedur perakitan kusen, daun pintu dan jendela kayu.; (2) hasil tes uji coba siswa dengan media video yang digunakan sebagai media pembelajaran; (3) respon siswa kelas XI TKK SMK Negeri 2 Trenggalek terhadap media video pembuatan kusen pintu.

Metode penelitian tersebut menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI TKK Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Trenggalek. Instrument penelitian yang dipakai adalah perangkat pembelajaran, lembar validasi, tes uji coba dan angket respon siswa.

Hasil penelitian (a) validasi media dengan nilai total persentase 80,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media video wondershare layak digunakan sebagai media pengajaran.; (b)  hasil total skor uji coba seluruh kelas sebesar 211. Maka rata-rata seluruh kelas sebesar 70,33.; (c) Hasil angket respon siswa didapatkan jumlah skor sebesar 935. Maka persentase angket respon siswa seluruh kelas sebesar 77,9%.

Kata Kunci: Perakitan Kusen Pintu, Pengembangan Media.

Abstract

The purpose of this study is to find out (1) the feasibility of video media as a learning media on basic competence explains the procedure of assembling the frame, wooden door and window windows; (2) student test result with video media used as instructional media; (3) the response of students of class XI TKK SMK Negeri 2 Trenggalek to the video media of making door frames.

The research method uses the type of research development or Research and Development (R & D). The study was conducted in the odd semester of the academic year 2016/2017. The subject of this research is class XI TKK Wood Construction Engineering Program of SMK Negeri 2 Trenggalek. Research instrument used is learning device, validation sheet, test test and student response questionnaire.

The results of the study (a) media validation with a total value of 80.5% percentage thus qualified to qualify. The results show that wondershare video media is worthy of being used as a teaching medium; (B) the total score of all class test scores is 211. Then the average of the whole class is 70.33; (C) Result of questionnaire of student response got total score of 935. So the percentage of questionnaire of student responses entire class equal to 77,9%.

Keywords: Assembly Door Frame, Media Development.

Published
2017-08-01
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 43