PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH STRUKTUR BETON I, STRUKTUR BETON II, DAN MEKANIKA REKAYASA TERHADAP MATA KULIAH MERENCANA KONSTRUKSI  BETONMAHASISWA S1 PTB JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNESA

  • RAHMAD AMIRUL HARI PRASETYO SURADI

Abstract

Merencana Konstruksi Beton merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di program dalam kurikulum S1 PTB yang terdapat dalam Mata Kuliah Pendukung, mata kuliah ini diberikan pada tahun ketiga perkuliahan di jurusan Teknik Sipil Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi hasil belajar dari Merencana Konstruksi Beton, oleh karena itu peneliti ini akan mencari seberapa pengaruh dari mata kuliah lain. Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Hasil Belajar Mata kuliah Struktur Beton I, Struktur Beton II, dan Mekanika Rekayasa Terhadap Merencana Konstruksi Beton Mahasiswa S1 PTB Jurusan Teknik Sipil Unesa”.

Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dangan pendekatan data berbentuk angka. Pengambilan data dilakukan dalam penelitian ini mahasiswa S1 PTB yang memprogram tugas merencana Konstruksi Beton pada Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2014 sebanyak 66 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah program komputer SPSS (Stastitical Package for Social Sciences) versi 18.

Hasil penelitian mengenai Pengaruh Hasil Belajar Mata kuliah Struktur Beton I, Struktur Beton II, Mekanika Rekayasa, Terhadap Mata Kuliah Merencana Konstruksi Beton Mahasiswa S1 PTB Jurusan Teknik Sipil Unesa disimpulkan dari teknik analisis regresi linier berganda dalam penelitian ini memperoleh persamaan regresi yaitu, Y’= α+b1 x1+ b2 x2+ b3 x3 + b4 x4 + b5 x5 = 65,89+0,054x1+0,089 x2+(-0,056) x3+(-0,068) x4+0,211 x5

Mata kuliah penunjang yang mempunyai pengaruh terhadap hasi belajar Merencana Konstruksi Baja berturut-turut mulai yang paling besar adalah Struktur Beton I sebesar 0,054, Struktur Beton II sebesar 0,089, Mekanika Rekayasa I sebesar 0,056, Mekanika Rekayasa II sebesar 0,068, Mekanika Rekayasa III sebesar 0,211.Prosentase sumbangan pengaruh variabel independen Struktur Beton I (X1), Struktur Beton II (X2), Mekanika Rekayasa I (X3), Mekanika Rekayasa II (X4), Mekanika Rekayasa III (X5) terhadap variabel dependen keberhasilan penyelesaian tugas Merencana Konstruksi Beton (Y) sebesar 19%.Kata kunci : Kecerdasan spasial , Psikomotorik, Menggambar CAD.

Kata Kunci:Hasil Belajar, Merencana Konstruksi Beton, Pengaruh.

Abstract

Planning Concrete Construction is one of the compulsory courses in the curriculum of S1 PTB which is available in Supporting Course, this course is given in the third year of study in Civil Engineering Department S1 Building Engineering Education.There are many factors that can influence the learning outcomes of Concrete Construction Planning, therefore this researcher will find out how the influence of other courses.The title of this research is "The Effect of Learning Outcomes of Course of Concrete Structure I, Structure of Concrete II, and Mechanics of Engineering Against Planning Concrete Construction Student S1 PTB Unesa Civil Engineering Department".

This type of research is categorized as quantitative research with numerical data approach. Data retrieval was done in this study of PTB S1 students who program the task of planning Concrete Construction in Even Semester of Teaching Year 2012-2014 as many as 66 students.Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Data analysis tool used is computer program SPSS (Stastitical Package for Social Sciences) version 18.

Result of research about Influence of Study Result of Course of Concrete Structure I, Structure of Concrete II, Mechanics of Engineering, Against Course Concrete Planning Concrete Development Student S1 PTB Civil Engineering Department Unesa concluded from multiple linear regression analysis technique in this research obtained regression equation that is, Y '= Α + b1 x1 + b2 x2 + b3 x3 + b4 x4 + b5 x5 = 65,89 + 0,054x1 + 0,089 x2 + (- 0,056) x3 + (- 0,068) x4 + 0,211 x5.

The supporting subjects that have influence on learning result of Construction Planning of Steel in the greatest succession are the first Concrete Structure of 0.054, Structure of Concrete II of 0.089, Engineering Mechanics I of 0.056, Engineering Mechanics II of 0.068, Engineering Mechanics III of 0.211. Percentage contribution of independent variable of Concrete Structure I (X1), Structure of Concrete II (X2), Mechanics of Engineering I (X3), Engineering Mechanics II (X4), Mechanics Engineering III (X5) to the dependent variable Successful completion of task Concrete Construction Plan ) By 19%.

Keywords: Learning Outcomes, Concrete Construction Planning, Influence.

Published
2017-08-01
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 68