PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MAKET PADA PELAJARAN MENGGAMBAR INSTALASI PLAMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Xl TGB (SMK NEGERI 1 MOJOKERTO)

  • ARI SUSANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kelayakan perangkat pembelajaran pada pelajaran menggambar instalasi plambing, (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran menggambar instalasi plambing, dan (3) Hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media maket pada pelajaran menggambar instalasi plambing.

Metode penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Penelitian ini diterapkan dalam dua kelas di SMK Negeri 1 Mojokerto yakni kelas Xl TGB 2 dan TGB 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis hasil tes siswa. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji t digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar.

Hasil rata-rata validasi perangkat Pembelajaran meliputi media, silabus, rpp, materi, soal mendapat persentase sebesar 83.14 %, masuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan mengajar guru dan belajar siswa didapatkan hasil termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis hasil belajar siswa mendapat nilai t hitung > nilai t Tabel = 4.76 > 2.01; maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.

Kata kunci: Model Problem Based Learning, Media, Maket,Instalasi Plambing.

Abstract

This study aims to determine (1) The feasibility of learning tools on drawing lesson plumbing installation, (2) Implementation of learning by using Problem Based Learning learning on drawing lesson plambing installation, and (3) Result of learning after using problem based learning with miniature media on drawing lesson plumbing installation.

This research method is Posttest-Only Control Design. This research is applied in two classes in SMK Negeri 1 Mojokerto namely class Xl TGB 2 and TGB 3. Data collection technique is done by documentation, questionnaire, observation, and test. Data analysis technique that is done is feasibility analysis of learning device, analysis of learning implementation, and analysis of student test result. Test data analysis using normality test, hypothesis test, and t test is used to know the difference of learning result.

Average results of device validation Learning includes media, syllabus, rpp, material, about gets percentage of 83.14%, entered in very good category for use in learning process. Based on the results of observations on teacher teaching activities and student learning results obtained in the category is very good. Results analysis of student learning outcomes get t count> value t Table = 4.76> 2.01; Then Ho is rejected and Ha accepted, it shows there is difference of learning result between control class and experiment class.

Keywords: Problem Based Learning Model, Media, miniature, Plumbing Installation.

Published
2017-08-01
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 130