PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH (Studi Kasus Di SMK Negeri 03 Surabaya)

  • CRISTHISHA BAYU IRWANDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, respon siswa, dan perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen (X-TGB 1) dengan kelas kontrol (X-TGB 2) pada mata pelajaran ilmu ukur tanah setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan media puzzle.

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan desain penelitian The Static Compararison : Randomized Control Group Only Design dengan kelas eksperimen menggunakan kelas X-TGB 1 dan kelas kontrol menggunakan X-TGB 2 yang dilakukan sebanyak 3 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar tes hasil belajar dan lembar observasi pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan kelas X-TGB 1 dan X-TGB 2 serta lembar angket respon yang diberikan pada pertemuan terakhir(pertemuan ketiga) di SMK Negeri 03 Surabaya. Sampel yang digunakan yaitu 30 siswa kelas X-TGB 1 dan 30 siswa kelas X-TGB 2.

Hasil analisis data menunjukkan persentase penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan media puzzle pada 3 pertemuan sebesar 87,5 %, 91,2 %, 91,9 % rata-rata penerapan pembelajaran didapatkan sebesar 90,2 % yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil Respon siswa kelas X-TGB 1 menunjukkan persentase sebesar 84,9 % yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, hasil belajar siswa kelas X-TGB 1 sebagai kelas ekperimen pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut didapatkan hasil belajar sebesar 74,17 ; 73,57; 85,97 rata-rata hasil belajar dari tiga pertemuan didapatkan sebesar 77,90 sedangkan hasil belajar kelas X-TGB 2 sebagai kelas kontrol pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut didapatkan hasil belajar sebesar 68,97; 52,57; 76,13 rata-rata hasil belajar dari tiga pertemuan didapatkan sebesar 65,89. Jadi hasil belajar kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan media puzzle lebih baik dari kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model Kooperatif,  Jigsaw, Media Puzzle, Hasil Belajar, Ilmu Ukur Tanah, Respon siswa.

Abstract

The aim of this research is to know the application, student's response, and the difference of learning result between the experimental class students (X-TGB 1) and the control class (X-TGB 2) on the soil science subjects after using the cooperative type jigsaw learning model with the help of the puzzle media.

This research is a pre-experimental research with The Static Compararison research design: Randomized Control Group Only Design with experimental class using X-TGB 1 class and control class using X-TGB 2 which done for 3 meetings. The data collected in this study was obtained through the learning test sheet and observation sheet of learning implementation at each meeting of X-TGB 1 and X-TGB 2 classes and response questionnaire given at the last meeting (third meeting) at SMK Negeri 03 Surabaya. The sample used is 30 students of class X-TGB 1 and 30 students of class X-TGB 2.

The result of data analysis shows the percentage of application of cooperative learning model of jigsaw type with the help of puzzle media at 3 meetings 87,5%, 91,2%, 91,9% mean of applying of learning obtained 90,2% which is included in very good category. Results Response students class X-TGB 1 shows the percentage of 84.9% included in the category very well. Meanwhile, the learning result of X-TGB class 1 students as experimental class at the first, second, and third meeting respectively got the result of learning equal to 74,17; 73,57; 85.97 the average learning outcomes from the three meetings obtained for 77.90 while the results of class X-TGB 2 as a control class at the first, second, and third meeting in a row obtained a learning outcome of 68.97; 52,57; 76.13 the average learning outcomes from the three meetings was found to be 65.89. So the result of experimental class study which get treatment model of cooperative type jigsaw type with media-assisted puzzle better than control class that did not get treatment mean application of cooperative model type jigsaw with assisted media puzzle can improve student learning result.

Keywords : Co-operative Model, Jigsaw, Puzzle Media, Learning Outcomes, Soil Science, Student Response.

Published
2017-08-01
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 64