PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET KONSTRUKSI ATAP PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI TGB 2 SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

  • SITI QONIAH

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar selain strategi dan model pembelajaran. Maket konstruksi atap merupakan media tiga dimensi berperan dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa menggunakan media maket konstruksi atap.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan. Pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 2 Probolinggo dengan sasaran kelas X1 TGB 2 yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data untuk kelayakan media dengan menggunakan lembar validasi media, ketelaksanaan pembelajaran dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar dengan tes uraian dan menggambar konstruksi atap.

Berdasarkan hasil kelayakan media pembelajaran maket konstruksi atap menunjukkan persentase sebesar 80,33%, keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan rata-rata 79,00%, dan hasil tes belajar siswa mendapatkan rata-rata kelas sebesar 79 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 95,8%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan dan penggunaan media pembelajran maket konstruksi atapĀ  berperan positif terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran Maket Konstruksi Atap, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

ABSTRACT

Medium learning is one of the factors that influence teaching and learning activities in addition to strategies and learning models. Roof construction mock-up is a three dimensional medium play a role in the learning process to become more interesting and easy to understand. The purpose of this study is to determine the feasibility of medium instructional, learning implementation, and student learning outcomes using roof construction mock-up medium.

The research method used is research development method. Implementation of research in SMK Negeri 2 Probolinggo with target is class X1 TGB 2 which amounted to 24 students. Data collection for feasibility medium using validation sheets medium, learning effectiveness with instructional learning observation sheets, and learning outcomes with blurb tests and drawing roof construction.

Based on the feasibility of medium learning the roof construction mock-up shows the percentage of 80.33%, the learning activity gets an average of 79.00%, and the result of the students' learning test gets the average of 79 students with 95.8% complete student learning. So, it can be concluded that the development and use medium learning of roof construction mock-up gets positive results on student learning.

Keywords: Learning Medium of Roof Construction Mock-up, Implementation of Learning, Student Learning Outcomes

Published
2017-08-22
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 217