PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH BERBANTU PAPAN PUTAR (SPIN THE WHEEL) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN

  • PUTRI ARUM AMBARWATI

Abstract

Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran papan putar yang dikombinasikan dengan pembelajaran aktif Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk; (1)Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match, (2)Mengetahui kelayakan media papan putar, (3)Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match berbantu media papan putar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Tahapan dalam penelitian R&D di antaranya yaitu (1) Potensi masalah, (2) Mengumpulkan data, (3) Mendesain produk, (4) Validasi desain (5) Revisi desain, dan (6) Uji coba produk.

Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa, (1)Hasil rating rata-rata keterlaksanaan pembelajaran guru sebesar 83,3% pada pertemuan pertama dan 83,94% pada pertemuan kedua. Sedangkan hasil rating keterlaksanaan peserta didik sebesar 82% pada pertemuan pertama dan 86% pada pertemuan kedua. Hasil tersebut masuk dalam kategori sangat layak, (2)Hasil rata-rata rating kelayakan media yang mencapai nilai sebesar 85,83% dengan kategori sangat layak, (3)Rata-rata hasil belajar siswa adalah 80. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sudah mencapai nilai yang dihoptesiskan.

Kata Kunci: Pembelajaran Aktif , Media, Hasil Belajar

Abstract

The product developed in this research is Spin The Wheel learning media combined with active learning  Index Card Match. The purpose of this research among others; (1) To know the implementation of active learning Index Card Match, (2) To know feasibility of Spin The Wheel learning media, (3) To know learning outcomes after the application of active learning Index Card Match with Spin The Wheel learning media.

The method used in this research is R&D. Stages in R&D research are; (1) Potential problems, (2) Collecting data, (3) Designing product, (4) Design validation, (5) Design Revisions, and (6) Trial product.

This research found result that; (1) Average rating results of learning implementation by teacher was 83,3% at the first meeting and 83,94% at the second meeting. While the average rating results of learning implementation by students was 82% at the first meeting and 86% at the second meeting. The value is included in the very feasible category, (2) The average value of the media feasibility result is 85,83% and included in the very feasible category, (3) The average learning outcomes of students is 80. These result indicate that the average of student learning outcomes has reached a hypothesized value.

Keywords: Active learning , Media, Learning outcomes

Published
2017-08-22
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 67