PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE MENGGUNAKAN MEDIA MAKET PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR DENAH RENCANA PENULANGAN PELAT LANTAI DI KELAS XI TGB SMK NEGERI 1 KEMLAGI

  • ASMARANING RATIH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan kegiatan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran round table menggunakan media maket (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran round table menggunakan media maket, dan jenis penelitian ini adalah one shot case study dengan sampelnya adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 1 Kemlagi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan mengajar guru, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan kegiatan mengajar guru dan hasil belajar, serta uji t pihak kiri. Hasil penelitian ini adalah (1) persentase rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan kegiatan mengajar guru adalah 86,32% dengan kategori sangat baik; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,90. Hasil uji t adalah thitung = 4,648 > ttabel = 1,699 (signifikan, α = 5%). Artinya, Ha diterima dengan nilai rata-rata lebih besar dari 75 setelah diterapkan model pembelajaran round table menggunakan media maket.

Kata Kunci: Model pemebelajaran round table, media maket, hasil belajar, pelat lantai.

Abstract

The purpose of this research are to know (1) the implementation of teacher activities in applying the round table learning model using media maket (2) the learning outcomes after applied the round table learning model using media maket, and the type of this research is one shot case study. The samples were 30 students from class XI TGB State Vocational Schools 1 Kemlagi academic year 2016/2017. The research instrument used is validation sheet of device learning, observation sheet of teacher activity, and test sheets. Data analysis techniques used was implementation analysis of teacher activities and learning outcomes, as well as right side t test. The results of this research are (1) the average percentage of observations on the implementation of teacher activities is 86,32% with very good category; (2) the average score of learning outcomes is 79,90. The result of t test is thitung = 4,648 > ttable = 1,699 (significant, α = 5%). It is mean, Ha accepted with an average score greather than 75 after applied a round table learning model using media maket.

Keywords: Round table learning model, media maket, study results, floor plate.

Published
2017-09-25
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 67