ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN TUGAS MERENCANA BETON PADA MAHASISWA SI PTB ANGKATAN 2007, 2008, 2009  JURUSAN TEKNIK SIPIL UNESA

  • ARIF EKO WIBAWANTO

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam penyelesaian mata kuliah Merencana Beton di Universitas Negeri Surabaya cenderung rendah, padahal mata kuliah ini merupakan materi pokok dalam bidang pendidikan Teknik Bangunan maupun Teknik Sipil. Oleh karena itu perlu dikaji faktor penyebab kondisi tersebut untuk peningkatan pembelajaran di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh pada keberhasilan mahasiswa yang menempuh mata kuliah Merencana Beton serta kendala yang dihadapi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Kuesioner terdiri dari 2 sasaran, yaitu untuk dosen dan mahasiswa. Validitas instrumen pada kuesioner dilakukan oleh para ahli bidang pendidikan di jurusan Tenik Sipil Universitas Negeri Surabaya. Sampel yang digunakan paa penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Unesa angkatan 2007, 2008 dan 2009 pada semester Gasal Tahun ajaran 2011-2012.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyelesaian tugas  Merencana Beton adalah mata kuliah penunjang terkait tugas, motivasi berprestasi, pola belajar, dan intensitas asistensi, sedangkan kendala yang dihadapi adalah susah untuk mencari dosen, tidak adanya buku panduan, dan kurang adanya keseragaman dalam menggambar. Keberhasilan terletak pada faktor keuletan mahasiswa dalam bertanya jika mengalami kesulitan, strategi atau langkah-langkah yang digunakan mahasiswa, seperti membuat time schedule pencapaian mengerjakan tugas, intensitas melakukan asistensi, motivasi belajar mahasiswa, dan waktu dalam mengerjakan tugas Merencana Beton.

Kata kunci :  Faktor keberhasilan, penyelesaian tugas merencana beton

ABSTRACT

The success of students in the completion of concrete planning course at the State University of  Surabaya tends to be  low, but this course is subject matter in the field of  technical education building. Therefore,  it is necessary to study the factors causing these conditions to improve the quality of learning in the future. This study aims to determine the factors that affect the success of students who take the concrete planning course and the constraints.

This research is a descriptive study, in which data collection is done using the method of documentation and questionnaires. The questionnaires consisted of two types, namely related. To the course lecture of concret and for the student. Validation of questionnaires instrument conducted by the experts in education with a major in civil engineering at the state university of Surabaya. The sample used in this study were students majoring civil engineering class of 2007, 2008 and 2009 in Gasal semester of academic year 2011-2012. 

The results of this study indicated that the factors that influence the success completion of the task concrete planning are supporting subjects related course, achievement motivation, pattern learning, and the intensity of assistance. While the obstacles encountered are difficult to find lectures, unavailable of guidlines, uniformity in the drawing. The success lies in the factor are student persistence in asking if have a trouble, strategies or steps used student achievement as making time schedule tasks, the intensity of doing assistance, student motivation, and time in the concrete planning tasks.

Keywords:  Factors of success, completion of concrete planning task

Published
2017-11-15
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 62