PENERAPAN QUANTUM TEACHING MELALUI MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA SMK NEGERI 1 KEDIRI

  • SITA LIA KUSNIAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan penerapan Quantum Teaching melalui media CAI pada pelajaran mekanika teknik (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan metode belajar Quantum Teaching melalui media CAI pada pelajaran mekanika teknik, jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dan subjek penelitian adalah siswa kelas X TGB 1 dan X TGB 2 yang berjumlah masing-masing kelas 33 orang, kelas eksperimen (X TGB 2) menggunakan pembelajaran Quantum Teaching melalui media CAI dan kelas kontrol (X TGB 1) menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi media CAI, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 83,5% yang berarti pembelajaran berjalan dengan sangat baik; (2) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata 80 dan kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata 71,  analisis uji hipotesis dengan taraf kesalahan (α) = 5% menghasilkan   > = 4,30 > 1,67. Artinya hasil belajar siswa setelah menggunakan Quantum Teaching melalui media CAI lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Quantum Teaching, CAI (Computer Assisted Interaction), Mekanika Teknik

Abstract

The goal of this research is to find out (1) implementation of Quantum Teaching with CAI media in the study of civil engineering (2) result of student learning after treatment method of Quantum Teaching through CAI media in civil engineering lesson, research type using Quasi Experimental Design with design form research use Nonequivalent Control Group Design. The subjects of research were students of class X TGB 1 and X TGB 2 which amount each class are 33 students, the experimental class (X TGB 2) using Quantum Teaching learning with CAI media and control class (X TGB 1) using conventional learning. instruments research using learning device validation sheets, CAI media validation sheets, instructional observation sheets and test result sheets. Results of this research are (1) the results of the implementation of learning shows a percentage of 83.5% it mean the treatment was show a good result ; (2) the students' learning at the experimental class result in average score of 80 and the control class has score an average value of 71, hypothesis test analysis with the error rate (α) = 5% the result shows t_hitung > t_(tabel )= 4.30> 1.67. It mean that students result after using Quantum Teaching with CAI media is better than using conventional learning.

Keyword: Quantum Teaching, CAI (Computer Assisted Interaction), Engineering Mechanics

Published
2017-12-06
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 55