PENERAPAN MEDIA MINIATUR KUSEN, DAUN PINTU DAN JENDELA PADA PELAJARAN KONSTRUKSI KAYU DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KKY SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • MUHAMMAD NUR ARIF

Abstract

Berdasarkan observasi, pada mata pelajaran konstruksi kayu, siswa kurang memahami materi kusen, daun pintu dan jendela karena kurangnya media yang digunakan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan proses belajar mengajar dengan menerapkan media miniatur kusen, daun pintu dan jendela pada pelajaran konstruksi kayu; (2) aktivitas belajar siswa pada saat diterapkan media miniatur kusen, daun pintu dan jendela pada pelajaran konstruksi kayu dan (3) hasil belajar siswa setelah menerapkan media miniatur kusen, daun pintu dan jendela pada pelajaran konstruksi kayu. Jenis penelitian ini adalah berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siswa kelas XI KKY SMKN 2 Surabaya sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) keterlaksanaan proses belajar mengajar pada siklus I menunjukan persentase sebesar 80% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan daripada siklus I sebesar 86%; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 78% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan daripada siklus I yaitu 87%; (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari nilai kondisi awal siswa sebesar 73, sedangkan pada siklus I sebesar 78 dan pada siklus II sebesar 84. Dengan demikian maka penerapan media miniatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Miniatur, Konstruksi Kayu

Abstract

Based on the observations, on the subjects of wood construction, students do not understand the material of the frames, doors and windows because of the lack of media used. The purpose of this research is to know: (1) the implementation of teaching and learning process by applying miniature frame media, door and window on wood construction lessons; (2) student learning activity when applied to miniature media of door frame and window on wood construction lesson and (3) student learning result after applying miniature frame media, door and window in wood construction lesson. This type of research is a Class Action Research (PTK) with students of class XI KKY SMKN 2 Surabaya as many as 27 students. The results of this research are (1) the implementation of teaching and learning process in cycle I shows the percentage of 80% whereas in cycle II there is an increase compared to the first cycle of 86%; (2) student learning activity in cycle I shows the percentage of 78% while in cycle II there is an increase than cycle I is 87%; (3) there is improvement of student learning result, seen from initial condition of student equal to 73, whereas in cycle I equal to 78 and in cycle II equal to 84. Thus, miniature media application can improve student learning result.

Keywords: Miniature Media, Wood Construction

Published
2017-12-14
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 77