PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB SMKN KUDU JOMBANG

  • SAIMON

Abstract

Karya ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, dan hasil belajar siswa kelas X TGB yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental Design dengan model One-Shot Case Study. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri Kudu Jombang dengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui validasi perangkat pembelajaran, teknik pengamatan dan tes. validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, teknik pengamatan digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yaitu aktifitas mengajar guru dan aktifitas belajar siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelayakan perangkat pembelajaran silabus sebesar 82,67%, RPP sebesar 82,22% dan materi 83,33%. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata kegiatan guru sebesar 90,72% dan rata-rata kegiatan siswa sebesar 90,46%. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menunjukkan rata-rata 85,22; hasil tersebut lebih besar dari KKM dan persentase ketuntasan klasikal naik menjadi 83,33% yang sebelumnya hanya sebesar 66,67%.

Kata kunci: Hasil Belajar, One-Shot Case Study, Team Assisted Individualization.

Abstract

 This work aims to determine the feasibility of learning tools using cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI), the implementation of learning by using cooperative learning model type TAI, and student learning outcomes class X TGB using cooperative learning model type TAI.

 This research used Pre-Experimental Design design with One-Shot Case Study model. Target of research that is student of class X TGB 1 SMK Negeri Kudu Jombang with amount 36 student. Data collection in this study was obtained through validation of learning devices, observation techniques and tests. validation is used to determine the feasibility of instructional devices, observation techniques used to obtain data implementation of learning activities teaching and learning activities of students, while the test used to obtain data on student learning outcomes.

 The results showed that the feasibility of learning tools syllabus of 82.67%, RPP of 82.22% and 83.33% of material. The implementation of learning shows the average of teacher activity 90,72% and student activity average 90,46%. Student learning outcomes with cooperative learning model type TAI showed average 85.22; the result is greater than the KKM and the percentage of classical mastery rose to 83.33% which previously was only 66.67%.

Keywords: Learning Outcomes, One-Shot Case Study, Team Assisted Individualization.

Published
2017-12-14
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 22