PENERAPAN PEMBELAJARAN PEER-TUTORING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN AUTOCAD PADA KELAS XI TGB-2 DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • WAHYUNING SITI AISYAH

Abstract

Pembelajaran Peer-Tutoring ini meyajikan suatu permasalahan yang nyata bagi siswa sebagai pembelajaran yang diselesaikan dengan kelompok dengan satu ketua sebagai tutor. Dengan demikian metode pembelajaran ini dapat memfasilitasi siswa untuk mengasah dan membangun keaktifan dan kreatifitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran Peer-Tutoring (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar menggambar teknik dengan AutoCAD (3) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Peer-Tutoring.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 tindakan dan 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ialah siswa kelas XI TGB-2 SMK Negeri 1 Nganjuk. Instrument penelitian yang digunakan ialah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, kuesioner (angket). Data kuantitatif yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji-t.

Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukkan siklus I mendapat nilai rata-rata ketuntasan individual sebesar 80,53, lebih besar dari KKM (≥ 75) yang ditentukan. Dan ketuntasan klasikal sebesar 59,38%, sedangkan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 85,16, lebih besar dari KKM (≥ 75) yang ditentukan. Dan ketuntasan klasikal sebesar 90,63% yang artinya mayoritas siswa tuntas belajar dalam metode penerapan pembelajaran peer-tutoring.

Kata Kunci: Peer-Tutoring, AutoCAD, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstract

Peer-Tutoring Learning presents a real problem for students as learning resolved by the leader of the group as a tutor. Thus this learning method can facilitate students to hone and build liveliness and creativity of students. This study aims to: (1) Knowing the implementation of Peer-Tutoring learning (2) Knowing the improvement of learning result of drawing technique with AutoCAD (3) Knowing the students's response to the application of learning Peer-Tutoring.

This research is a classroom action research (PTK), takes in two cycles. Each cycle consists of two acts and 4 stages: planning, implementation, observation and reflection. The research subjects are students of class XI TGB-2 SMK Negeri 1 Nganjuk. Research instrument used is learning device validation sheet, sheet implementation learning, achievement test, a questionnaire. Quantitative data were obtained and analyzed by t-test.

Results of classroom action research (PTK) indicates the one cycle gets an average score of individual completeness of  80,53, greater than the specified KKM (≥ 75). And classical mastery of 59,38%, while in second cycle got an average value of 85,16, greater than the specified KKM (≥ 75). And classical completeness of 90,63%, which means the mayority of students thoroughly learn in the methods of  applying Peer-Tutoring learning.

Keywords: Peer-Tutoring, AutoCAD, Action Research.

Published
2018-01-17
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 113