PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI TGB (SMK NEGERI 1 KALIANGET)

  • Mohammad Roziqi

Abstract

SMK Negeri 1 Kalianget yang memiliki beberapa program keahlian dan salah satunya adalah Teknik Gambar Bangunan. Hasil observasi yang dilakukan pada kelas XI TGB terdapat 30,3% siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM. Guru mata pelajaran gambar konstruksi bangunan menggunakan model pembelajaran langsung namun belum direncanakan dengan sempurna. Maka terkait hal itu, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut di terapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media video animasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran, (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa, (3) Bagaimana respon siswa (4) Bagaimana hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental tipe One-Shot Case Study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitaor and Explaining dengan video animasi sedangkan variabel bebasnya adalah hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI TGB yang terdiri 2 kelas dan sampelnya adalah kelas XI TGB 1.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan video animasi berjalan dengan sangat baik, (2) hasil pengamatan aktifitas belajar siswa adalah cukup aktif, (3) penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan video animasi mendapatkan respon yang sangat baik, (4) hasil belajar siswa berdasarkan uji t memperoleh kesimpulan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa tidak sampai 100% tuntas

Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Video Animasi, One-Shot Case Study

Abstract

SMK Negeri 1 Kalianget which has several expertise programs and one of them is Picture Building Engineering. The result of observation which has been done in class XI TGB there are 30,3% of students whose learning out comes under KKM. Teachers of Picture Building Engineering use the direct learning model but not yet planned perfectly. So related to that, to overcome these problems then applied learning model Student Facilitator and Explaining with animation video media. Formulation of the problem in this research is (1) how the implementation of learning, (2) how the student learning activity, (3) how the student response (4) how student learning outcomes.

This research uses Pre-Experimental design type One-Shot Case Study. The independent variable in this research is the application of learning model of Student Facilitaor and Explaining with animation video while the independent variable is the result of student learning. The population in this study is all students of class XI TGB consisting of 2 classes and the sample is class XI TGB 1.

The results of this study indicate that (1) the implementation of learning model Student Facilitator and Explaining with video animation runs very well, (2) the observation result of student learning activity is quite active, (3) the application of learning model Student Facilitator and Explaining with animation video get response very good, (4) student learning outcomes based on t test obtained conclusion percentage mastery of student learning outcomes not until 100% complete.

Keywords: Student Facilitator and Explaining, animation video, One-Shot Case Study

Published
2018-02-09
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 69