PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK MENGGUNAKAN LKS PADA MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH DALAM UPAYA MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 1 GRESIK

  • KISNATUL WINDA A

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan LKS, (2) mengetahui respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick menggunakan LKS, (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick menggunakan LKS.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK PGRI 1 Gresik, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TGB 1 SMK PGRI 1 Gresik.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, a) pengamatan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata 94% dengan kategori sangat baik, b) respon siswa menunjukkan rata-rata sebesar 73,24% dengan kategori baik, dan c) hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata kelas sebesar 76,03 dengan kategori tuntas. Siswa yang tuntas berjumlah 30 orang dengan prosentase 88%, sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 orang dengan prosentase 12%. Analisis uji hipotesis hasil belajar menghasilkan nilai thitung  > ttabel, yaitu 3,40 > 1,697. Dari hasil uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dengan pernyataan hasil belajar siswa kelas X TGB SMK PGRI 1 Gresik pada materi menjelaskan tentang jenis-jenis peralatan optik dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan LKS  paling rendah atau sama dengan 75.

Kata Kunci: Talking Stick, Alat Optik, Beda Tinggi, Hasil Belajar.

Abstract

 The purpose of this research are, (1) to know the implementation of learning using the cooperative learning model type of talking stick using LKS, (2) to know the response of students to the learning that is supported by the type of cooperative learning model talking stick using LKS, (3) to know the learning outcomes of students  who use cooperative learning model type talking stick using LKS.

Research used is pre-experimental design with research design one-shot case study. Population in this study is grade students X TGB SMK PGRI 1 Gresik, while the sample in this study is class X TGB 1 SMK PGRI 1 Gresik.

The results show the feasibility of (1) observation the implementation of learning gained an average of 94% to a category very good, (2) the result of students responses showed an average 73,24% to a category good, and (3) student learning outcomes reached an average of 76,03 with complete category. Students work completed in were 30 people with percentage of 88%, while students who are not complete consisting of 4 people with a percentage of 12%. Hypothesis test analysis student learning result obtained value t calculate > t table = 3,40 > 1,697. From the results of a test of the hypothesis, we can conclude that H0 accept with a statement of learning outcomes class X TGB 1 SMK PGRI 1 gresik on the material explains about the types of optical equipment with cooperative learning type of talking stick using LKS the lowest or similiar to 75.

Keywords: talking stick, an optical instrument, different high, students outcomes.

Published
2018-02-28
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 60