PENERAPAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

  • RIZA MAULANA
  • DIDIEK PURWADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan media modul, respon siswa, dan mengetahui hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Mojokerto setelah menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental bentuk One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Mojokerto pada waktu semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian menggunakan kelas X Teknik Teknik Gambar Bangunan 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode validasi, metode angket, dan metode tes. Teknik analisis data berupa analisis kelayakan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran, analisis respon siswa, dan analisis hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa silabus dinyatakan sangat layak dengan skor validasi sebesar 81,33%, sedangkan untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dinyatakan layak dengan skor validasi sebesar 80,00%. Media modul berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak dengan skor validasi sebesar 79,30%. Respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan media modul berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan baik dengan skor respon sebesar 81,90%. Siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan 3 setelah mengerjakan soal post-test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 81,71. Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) sebesar 87,88%. T-hitung jatuh pada daerah penerima Ho, karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,635 > -1,694). Kesimpulan yang diambil adalah rata-rata belajar siswa mata pelajaran konstruksi bangunan menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing, Respon Siswa.

Abstract

This research aims to determine the feasibility of learning and media module, student responses, and know the learning outcomes of students class X Teknik Gambar Bangunan at SMK Negeri 1 Mojokerto after using guided inquiry based module.

Research type used is Pre-experimental form One-Shot Case Study. The research was conducted at SMK Negeri 1 Mojokerto in the semester ganjil of academic year 2017/2018. The research subjects use class X Teknik Gambar Bangunan 3. Technique of collecting data in this research by using validation method, questionnaire method, and test method. Data analysis techniques are feasibility analysis of instructional tools and instructional media, student response analysis, and student learning result analysis.

The results showed that the learning divice in the form of silabus is declared very feasible with validation score 81,33%, while for Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) declered feasible with validation score 80,00%. Guided inquiry based module media declered feasible with validation score 79,30%. Students’ responses to learning using guided inquiry based module media were stated well with a response score 81,90%. Students class X Teknik Gambar Bangunan 3 after doing post-test questions show an average score 81,71. Completeness of student learning outcomes shows that students who complete learning in accordance with the Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 87,88%. The t-test falls on the receiving area of Ho, because the t-test value is greater than the t-table (5,635 > -1,694). The conclusion taken is the average of students learning subject of building construction using guided inquiry based module is greater than the value of Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75.

 

Keywords: Learning Outcomes, Guided Inquiry Based Module, Student Response.

Published
2018-05-28
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 43