PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X SMKN 2 SURABAYA

  • AMANDA PUSPA DEWI
  • SUPRAPTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendistribusian pengelompokkan level hasil analisis taksonomi SOLO dan menganalisis hasil belajar siswa setelah penerapan lembar kerja siswa yang sesuai dengan level taksonomi SOLO untuk siswa kelas X SMKN 2 Surabaya pada mata pelajaran Mekanika Teknik.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian R & D (Reasearch and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan di SMKN 2 Surabaya berjumlah 2 kelas. Siswa akan melalui 3 tahapan, yaitu pada tahapan pertama siswa akan diberikan soal tes dasar pengelompokkan berdasarkan taksonomi SOLO, pada tahapan kedua setelah mengetahui hasil pengelompokkan siswa akan diberikan LKS berdasarkan taksonomi SOLO, dan pada tahapan ketiga siswa kan diberikan soal post-test.

Berdasarkan hasil penelitian distribusi hasil pengelompokkan level taksonomi SOLo pada kedua kelas uji coba secara umum masuk pada level Relational dan Extended Abstract. Pada level Relational kelas X DPIB 1 menunjukkan 34,74% dan kelas X DPB 2 menunjukkan 38,19%. Pada level Extended Abstract kelas X DPIB 1 menunjukkan 16,67% dan kelas X DPIB 2 menunjukkan 44,44%. Pada kedua kelas percobaan kondisi pada tatap muka ke-1 dan tatap muka ke-2 masih dalam proses penyesuaian dengan konsep pembelajaran yang diterapkan. Pada kedua kelas percobaan kondisi pada tatap muka ke-3 dan tatap muka ke-4 menghasilkan dampak yang semakin baik dan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian untuk hasil belajar siswa setelah penerapan LKS berdasarkan taksnomi SOLO telah menunjukkan hasil yang baik. Hal ini ditunjukkan pada pertemuan terakhir mencapai rerata hasil belajar sangat baik 96,29 pada kelas X DPIB 1 dan 97,43 pada kelas X DPIB 2.

Kata Kunci: Taksonomi SOLO, Lembar Kerja Siswa (LKS), Hasil Belajar.

Abstract

This research has purpose to analyze result from student grouping process based on solo taxonomy and analyze student learning result after application of Student Workheet according to level of taxonomy of SOLO for class X SMKN 2 Surabaya on subjects Mechanical Engineering.

Research method used is reseacrh and development in accordance with RnD method. Research subjects used are students of class X DPIB in SMKN 2 Surabaya amounted to 2 classes. Students will go through 3 stages, in the first stages students will be given basic test grouping based on SOLO taxonomy, in the second stage after knowing the results of grouping students will be given LKS based on SOLO taxonomy, and in the third stage students will be given post-test questions.

Based on the results of the study, the distribution of the SOLO taxonomy classification results in the two test classes generally goes to the level of Relational and Extended Abstract. At relational level class X DPIB 1 shows 34.72% and class X DPIB 2 shows 38.19%. At the Extended Abstract level of class X DPIB 1 shows 16.67% and class X DPIB 2 shows 44.44%. In both experimental classes the first face-to-face condition and 2nd face-to-face are still in the process of adjusting to the concept of applied learning. In both experimental classes the face-to-face condition of 3rd and 4th face-to-face results in a better and improved impact. Class X DPIB 2 is an experimental class that quickly adapts to the concept of applied learning. Based on the results of research for student learning outcomes after the implementation of LKS based on SOLO taxonomy has shown good results. This is shown at the last meeting to achieve the average of 96.29 excellent learning outcomes in class X DPIB 1 and 97.43 in class X DPIB 2.

Keywords: SOLO Taxonomy, Student Worksheet (LKS), Learning Outcomes.





Published
2018-07-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 40