PENERAPAN MEDIA VISUAL 3D PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DAN UKUR TANAH DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • ACHMAD RIZKY
  • HENDRA WAHYU CAHYAKA

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang dua hal yaitu: (1) Mengetahui keterlaksanaan Pembelajaran menggunakan Media Visual 3D berbasis powerpoint pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan dan Ukur Tanah. (2) Mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menggunakan media visual 3D berbasis powerpoint pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan dan Ukur Tanah.
Penelitian menggunakan deskriptif dan kuantitatif dengan desain penelitian berupa One-Shot Case Study. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan tes yang bertujuan untuk menjaring data keterlaksanan pembelajaran dan mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan macam-macam sambungan kayu pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan dan Ukur Tanah.
Hasil analisis data menunjukkan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran bagi guru = 79,61% (Baik) dan keterlaksanaan pembelajaran bagi siswa = 77,50 (Baik) (2) Ketuntasan belajar siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan dan Ukur Tanah termasuk dalam kategori Sangat Baik, karena nilai ketuntasan belajar siswa yang dicapai = 83,33%.
Kata kunci: Media Visual 3D, Keterlaksanaan Pembelajaran, Ketuntasan Belajar.
Abstract
This study aims to describe about two points: (1) Knowing the implementation of Learning using 3D visual media based on Powerpoint on Building Construction and Land Measure Subject. (2) Knowing the students learning mastery using 3D visual media based on powerpoint on Building Construction and Land Measure Subject.
The research used descriptive and quantitative method with research design in the form of One-Shot Case Study. The data was collected using observation and test method which was aimed to capture the learning implementation data and to determined the student’s learning outcomes on the basic competencies of explaining the wood connections variation on Bulinding Constuction and Land Measure Subject.
The result of data analysis shows: (1) %. The implementation of learning for teachers = 79.61% (Good) and the implementation of learning for students = 77.50 (Good). (2) Students learning mastery in the subject of Building Construction and Land Measure belongs to the category Very Good, because the students achievement value achieved = 83.33%. The implementation of learning for teachers = 79.61% (Good) and the implementation of learning for students = 77.50 (Good).
Keywords: 3D Visual Media, The Implementation of Learning, Students Learning Mastery.
Published
2018-07-01
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 49