PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D STUDIO MAX PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1

  • IDHAM HUDA LAKSANA
  • HENDRA WAHYU CAHYAKA

Abstract

Gambar konstruksi bangunan merupakan mata pelajaran praktik produktif yang mempelajari tentang merencana suatu gambar, cara menggambar, serta mengetahui bagian-bagian dan kelengkapan gambar. Siswa merasa sulit memahami materi pelajaran tersebut dikarenakan media yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi hanya berupa gambar 2 dimensi yang difasilitasi kertas gambar berukuran A1 dan materi yang ditampilkan dengan media power point.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjoa dan metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian ini memiliki variabel yaitu (1)Kelayakan media pembelajaran menggunakan 3D Studio Max pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan,(2) Pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang meliputi observasi kegiatan guru mengajar dan observasi kegiatan siswa belajar, (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran 3D Studio Max.

Hasil pada penelitian ini menunjukkan (1)Pelaksanaan validasi kelayakan media pembelajaran mendapat rata-rata persentase kelayakan sebesar 81%, hal tersebut membuktikan media pembelajaran 3D StudioMax mendapat predikat sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 1 Sidoarjo, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran 3D StudioMax berjalan dengan baik sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuktikan dengan perolehan nilai pengamatan kegiatan mengajar guru mengajar sebesar 58% pada siklus I kemudian meningkat menjadi sebesar 76% pada siklus II dan nilai pengamatan kegiatan siswa belajar sebesar 58% pada siklus I kemudian meningkat menjadi sebesar 78% pada siklus II (3) Ketuntasan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran 3D StudioMax pada siklus I sebesar 67% dan meningkat menjadi sebesar 85% pada siklus II

Kata Kunci : Gambar Konstruksi Bangunan, Media Pembelajaran 3D Studio Max, Penelitian Tindakan Kelas Hasil Belajar.

Abstract

Drawing of building construction is a productive practice lesson that studies about planning an image, how to draw, and know the parts and completeness of the image. Students find it difficult to understand the subject matter because the media used by the teacher in conveying the material is only a 2-dimensional image facilitated A1 size paper and material displayed with power point media.

This research was conducted in SMK Negeri 1 Sidoarjoa and the method used was Classroom Action Research (PTK) as much as 2 cycles. This research has variables that are: (1) Eligibility of learning media using 3D Studio Max in drawing lesson of building construction, (2) Observation of learning activity which includes observation of teacher activity and observation of student learning activity, (3) Student learning result after using instructional media 3D Studio Max.

The results of this study indicate that (1) validation of learning media feasibility feasibility gets average percentage of 81% achievement, it proves StudioMax 3D learning media gets very good predicate used in learning activity in class XI TGB students at SMK Negeri 1 Sidoarjo, 2) The implementation of learning using StudioMax 3D learning media works well in accordance with the learning plan as evidenced by the acquisition of observation value of teaching and learning activities by 58% in cycle I then increased to equal to 76% in cycle II and observation value of student learning activities by 58% in cycle I then increased to 78% in cycle II (3) Completeness of learning outcomes after using StudioMax 3D learning media in cycle I by 67% and increased to 85% in cycle II

Keywords: Image Building Construction, Learning Media 3D Studio Max, Classroom Action Research Results

Published
2018-07-20
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 48