PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MENGGUNAKAN JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN SURVEY DAN PEMETAAN DI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  • RETNO FITRIA RACHMANIAR
  • DIDIEK PURWADI

Abstract

Abstrak

Mata pelajaran survey dan pemetaan terdiri atas materi teori dan praktik. Kegiatan pembelajaran diharapkan berpusat pada siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran guided discovery dan media pembelajaran jobsheet. Guided discovery adalah satu pendekatan mengajar yang melibatkan siswa untuk mencari serta mengalami secara langsung, sehingga dapat menemukan sesuatu (dalam hal ini konsep materi) secara logis. Jobsheet merupakan lembar kegiatan yang berisi petunjuk belajar, materi pembelajaran, langkah kerja, tugas dan penilaiannya. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui layak atau tidaknya perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran guided discovery, (2) Mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran setelah diberi model pembelajaran berbantu jobsheet, (3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi model pembelajaran guided discovery berbantu jobsheet, (4) Mengetahui minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut.

Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental jenis One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung pada waktu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian menggunakan kelas X Teknik Konstruksi Kayu (TKK). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, angket respon, lembar tes hasil belajar, dan angket minat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan perangkat pembelajaran sebesar 81,16% termasuk kategori sangat layak. (2) Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 79,42%. (3) Hasil belajar siswa ranah kognitif didapatkan rata-rata nilai sebesar 79,5 termasuk dalam kategori tuntas. Pada materi pengukuran sipat datar memanjang keliling 8 siswa tidak tuntas sedangkan pada materi pengukuran sipat datar memanjang pergi pulang 9 siswa tidak tuntas. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik didapatkan rata-rata nilai sebesar 73,5. Seluruh siswa tidak tuntas. (4) Minat siswa terhadap mata pelajaran survey dan pemetaan sebesar 79,76% termasuk dalam kategori sangat setuju.

Kata Kunci : Guided Discovery, Jobsheet, Respon Siswa, Hasil Belajar, Minat Siswa.

Abstract

Survey and mapping subjects consist of theoretical and practical materials. Learning activities are expected to be student-centered. One way that can be done is to apply the guided discovery learning model and the learning medium of the worksheet. Guided discovery is a teaching approach involving students to seek and experience directly, so they can find something (in this case the concept of matter) logically. Jobsheet is an activity sheet that contains instructional instructions, learning materials, work steps, tasks and assessment. The objectives of this research are: (1) To know whether or not the learning device is based on the guided discovery learning model, (2) to know the students response to the learning activity after they have been given the learning model assisted the jobsheet, (3) to know the learning result after given the guided discovery assisted jobsheet, (4) Knowing the students interest in the subject.

The research design used was Pre-experimental type One-Shot Case Study. The research was implemented in SMKN 3 Boyolangu Tulungagung at the end of the academic year 2016/2017. The subjects of research use X Teknik Konstruksi Kayu (TKK) class. The instruments used learning device validation sheets, response questionnaires, test result sheets, and interest questionnaires.

The results showed that: (1) The feasibility of learning tools amounted to 81.16% including very decent category. (2) Student response to the learning included in good category that is equal to 79,42%. (3) The students learning achievement of cognitive domain obtained by average value equal to 79,5 included in complete category. On the measurement material of flat plates stretching around 8 students is not complete while in the measurement material plates flat to go home 9 students is not complete. Psychomotor student learning result obtained average value equal to 73,5. All students are not complete. (4) Student interest on survey and mapping subjects of 79.76% are included in the category strongly agree.

Keywords: Guided Discovery, Jobsheet, Student Response, Learning Outcomes, Student Interest.

Published
2018-07-20
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 99