PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRILLS BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI KONSTRUKSI ATAP DI SMK NEGERI 1 KEMLAGI

  • MUSTOFAINAL AKHYAR
  • KRISNA DWI HANDAYANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan belajar peserta didik di SMKN 1 Kemlagi kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Bangunan. Selama ini pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Untuk memperbaiki hasil belajar maka diterapkan model pembelajaran Drills berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hasil belajar, dan respon siswa terhadap model pembelajaran Drills berbasis komputer.

Penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design, bentuk one shot case study, dilaksanakan di SMKN 1 Kemlagi semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian menggunakan kelas XI TGB 1. Teknik analisis data berupa hasil belajar, dan respon siswa.

Penelitian model pembelajaran Drills berbasis komputer didapatkan dua hasil. (1) Hasil belajar siswa yang berjumlah 29 siswa pertemuan pertama mendapatkan persentase 85,33, pertemuan kedua mendapat persentase 93,1% dengan nilai KKM yang diterapkan oleh sekolah sebesar 75, (2) Respon siswa mendapatkan persentase 81,77% termasuk dalam kategori sangat setuju atau mendapat respon positif.

Kata Kunci: Drills berbasis komputer, Konstruksi Atap, Hasil Belajar, Respon Siswa.

Abstract

This research is based on the learning situation of learners in SMKN 1 Kemlagi not understand yet the material presented by the teacher on the subject of Drawing Building Construction. During this learning only use lecture method. To improve learning outcomes, a computer-based Drills learning model is applied. This study aims to find the learning outcomes, and student responses to computer-based Drills learning the model.

The research used is pre-experimental design, one shot case study form, implemented in SMKN 1 Kemlagi even semester of academic year 2017/2018. The subjects of research using class XI TGB 1. Data analysis techniques in the form of learning outcomes, and student responses.

The study of computer-based Drills learning model obtained four results. (1) result of student learning amounted to 29 student first meeting get percentage 85,33, second meeting got percentage 93,1% with value of KKM applied by the school of 75, (2) Student response get the percentage of 81.77% included in the category strongly agree or get a positive response.

Keywords: Computer-based Drills, Roof Construction, Learning Outcomes, Student Response



Published
2018-07-24
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 55