PENGEMBANGAN MEDIA 3D RUMAH LANTAI SATU PADA MATERI MENGGAMBAR POTONGAN PROYEKSI BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMKN 5 SURABAYA

  • MOHAMMAD DANY PRATAMA
  • HENDRA WAHYU CAHYAKA

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA 3D RUMAH LANTAI SATU PADA MATERI MENGGAMBAR POTONGAN PROYEKSI BANGUNAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMKN 5 SURABAYA

Mohammad Dany Pratama

SI Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

E-mail:dhani_mbo@yahoo.co.id

Hendra Wahyu Cahyaka

Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Gambar konstruksi bangunan merupakan mata pelajaran praktik produktif yang mempelajari tentang merencana suatu gambar, cara menggambar, serta mengetahui bagian-bagian dan kelengkapan gambar. Siswa merasa sulit memahami materi pelajaran tersebut dikarenakan media yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi hanya berupa gambar 2 dimensi yang ditampilkan dengan media auto cad.

Maka dari itu media 3D rumah lantai satu merupakan salah satu alat yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Media 3D rumah lantai satu yang merupakan media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran langsung. Dengan media ini siswa akan lebih mudah memahami gambar yang tampak sebenarnya. Karena pada dasarnya pembelajaran langsung merupakan proses pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengonstruksi pengetahuan dengan cara menemukan dan mengalami sendiri secara langsung.

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Surabaya,Penelitian ini memiliki variabel yaitu (1)Kelayakan media pembelajaran menggunakan 3D Bangunan Rumah Lantai Satu pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan,(2) Hasil Belajar, (3) Respon Siswa, (4)Keterlakasanaan Pembelajaran.

Hasil pada penelitian ini menunjukkan (1)Pelaksanaan validasi kelayakan media pembelajaran mendapat rata-rata persentase kelayakan sebesar 82,22%, hal tersebut membuktikan media 3D Bangunan Rumah Lantai Satu mendapat predikat sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas XI TGB di SMK Negeri 5 Surabaya, (2) Hasil Belajar dianalisis dengan menentukan ketuntasan hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh 93,93%,yang tidak tuntas memperoleh 06,06%. Dan rata-rata nilai siswa dalam penelitian ini diperoleh nilai sebesar 77,73%, dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai siswa telah tuntas (3) Respon siswa terhadap media 3D bangunan rumah lantai satu adalah siswa lebih mudah dalam menggambar potongan, hal ini bisa dilihat pada lampiran lembar respon siswa dimana terdapat skor tertinggi ada pada pertanyaan tersebut. Respon siswa terhadap media 3D bangunan rumah lantai satu termasuk dalam kriteria sangat baik, dengan persentase nilai rata-rata yang didapat adalah 91%, (4) Hasil pengamatan keterlakanaan pembelajaran pada bagi guru menunjukkan persentase sebesar 89,6%, hasil pengamatan keterlakanaan pembelajaran bagi siswa menunjukkan persentase sebesar 85% menunjukkan kategori sangat baik.

Kata Kunci : Gambar Konstruksi Bangunan, Media 3D Bangunan Rumah Lantai Satu, Hasil Belajar.

Abstract

Picture of building construction is a productive practice lesson that studies about planning an image, how to draw, and know the parts and completeness of the image. Students find it difficult to understand the subject matter because the media used by the teacher in delivering the material is only a 2 dimensional image that is displayed with auto cad media.

Therefore, the 3D media house on the first floor is one tool that can be used by teachers in learning. 3D media home floor one which is a learning media used in direct learning. With this media students will more easily understand the image that looks real. Because basically direct learning is a learning process that provides an opportunity for students to construct knowledge by finding and experiencing themselves directly.

This study was conducted in SMK Negeri 5 Surabaya. This study has variables, namely (1) The feasibility of learning media using 3D Building One Floor on the subject of construction drawing, (2) Learning Outcomes, (3) Student Response, (4) Learning Talent.

The results of this study show (1) The validation of the feasibility of learning media gets the average percentage of eligibility of 82.22%, it proves the 3D media of Building One Floor House gets a very worthy predicate used in learning activities for students of class XI TGB in SMK Negeri 5 Surabaya, (2) Learning outcomes analyzed by determining the completeness of student learning outcomes with the completeness of student learning outcomes obtained 93.93%, which did not complete obtained 06.06%. And the average value of students in this study obtained a value of 77.73%, it can be concluded that the average value of students has been completed (3) Student response to the 3D media house building the first floor is easier for students in drawing pieces, it can seen in the attachment of student response sheets where there is a high score on the question. The students response to the 3D media of the first floor house building is included in the criteria very well, with the percentage of the average score obtained is 91%, (4) The observation result of learning achievement on the teacher shows the percentage of 89.6%, the observation result of learning achievement for students showed a percentage of 85% showed very good category.

Keywords: Picture of Building Construction, 3D Media, First Floor House Building, Learning Outcomes
Published
2018-07-31
Abstract Views: 312
PDF Downloads: 173