Penerapan Maket Pondasi Batu Kali Dengan Model Pembelajaan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Gambar Kontruksi Bangunan Kelas XI SMK Negeri 1 Kalianget
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) keterlaksanaan proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media maket; (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media maket. Jenis penelitian ini adalah pra-exsperimental dengan sampelnya adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 1 Kalianget tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang untuk kelas XI TGB 1 dan 30 orang untuk kelas XI TGB 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan media, lembar pengamatan keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar, serta uji t pihak kanan. Hasil penelitian ini adalah (1) persentase rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan guru adalah 89% dan keterlaksanaan siswa 93% dengan kategori sangat baik; (2) hasil uji t dua pihak untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan thitung = 3,42 > ttabel = 2,002 (signifikan, ? = 5%). Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan media maket pondasi batu kali, dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan hanya, dan kedua kelas mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, media maket.
Abstract
The purpose of this study was to determine (1) the implementation of the teaching and learning process using problem based learning models with media maket; (2) student learning outcomes after using problem-based learning models with media maket. This type of research is pre-experimental with the sample is TGB grade XI students of SMK Negeri 1 Kalianget 2017/2018 school year, totaling 30 people for class XI TGB 1 and 30 people for class XI TGB 2. The research instrument used is the learning device validation sheet and media, observation sheets for teaching and learning activities, and test sheets. Data analysis techniques used are the implementation of teaching and learning activities and learning outcomes, as well as right-hand t-test. The results of this study were (1) the average percentage of observations of teachers implementation was 89% and 93% of students were in very good categories; (2) the results of the two-party t test to determine differences in learning outcomes with t count = 3.42> t table = 2.002 (significant, ? = 5%). That is, there are significant differences in learning outcomes between students who received treatment using a stone foundation media model, with students who did not get treatment only, and both classes got a problem based learning model.
Keywords: Problem based learning, media maket.
Downloads

