PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN PROSES PELAKSANAAN PEKERJAAN DASAR – DASAR SURVEY DAN PEMETAAN DIKELAS X SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • MUHAMMAD ADHAR
  • MACHFUD RIDWAN

Abstract

Abstrak

Kemajuan dari tahun ke tahun berkembang sangat pesat, baik dalam pembangunan maupun SDM, khususnya dalam bidang pendidikan. Tenaga pengajar di tuntut untuk selalu berinovasi dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat memahami dan mengerti apa yang di ajarkan. Berdasarkan hasil survey ke SMKN 3 Surabaya rendahnya keaktifan belajar siswa terlihat dalam pembelajaran Ilmu Ukur tanah. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran langsung yang kegiatan kegiatan belajar mengajarnya hanya berpusat pada guru sebagai sumber informasi, diperlukan pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar khususnya permasalahan mengenai hasil belajar dan pemahaman siswa.Untuk dapat memecahkan masalah tersebut perlu adanya model pembelajaran baru yang inovatif, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Quantum Learning.

Masih jarangnya penggunaan pembelajaran humanistik model Quantum Learning pada Sekolah menengah kejuruan khususnya pada siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dapat menjadi inovasi baru sebagai alternatif model pembelajaran.Pembelajaran kuantum dapat dikatakan sebagai model pembelajaran yang menekankan untuk memberikan manfaat yang bermakna dan juga menekankan pada tingkat kesenangan dari peserta didik atau siswa.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah desain eksperimen dengan bentuk desain penelitian True Eksperimental Design menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu rancangan yang menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian yang dipilih secara random

Hasil pretest berdistribusi normal atau kemampuan siswa kelas kontrol dan ekperiment sebelum diberi perlakuan adalah sama.Dimana skor kelas eksperimen yang menggunakan metode Quantum Learning lebih baik dibandingkan purata skor kelas kontrol pada test posttest

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan metode Quantum Learning lebih baik dibandingkan keterlaksanaan metode pembelajaran langsung, didapatkan hasil rata – rata sebesar 94,87% pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung dan hasil rata – rata sebesar 97,48% bagi kelas eksperimen yang menggunakan metode Quantum Learning. hasil hitung uji t dengan bantuan SPSS 16, didapatkan hasil penerapan metode penerapan metode Quantum Learning lebih unggul untuk meningkatkan hasil belajar daripada metode pembelajaran langsung. seperti yang bisa di lihat pada hasil dari hitung > tabel pada pretest (18,05 > 6,236) dan pada posttest (18,05 > 14,647) yang semakin mendukung bahwa pembelajaran Quantum Learning lebih unggul dibandingkan metode pembelajaran langsung, yang berarti pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar dibanding pembelajaran metode langsung dengan hasil rerata 74,11 pada kelas eksperiment dan 57,32 pada kelas kontrol saat pretest dan meningkat menjadi rerata 81,79 pada kelas eksperiment dan 63,11 pada kelas kontrol saat posttest.

Kata kunci : Desain Eksperimen, Quantum Learning,Ilmu Ukur Tanah.

Abstract

Progress of the era from year to year developed very rapidly, both in development and human resources, especially in the field of education. Teachers in demand to always innovate in teaching by using the right model of learning so that students can understand and understand what is being taught. Based on the survey results to SMKN 3 Surabaya, the low activity of student learning is seen in the study of soil science. The method used is a direct learning method that the activities of teaching and learning activities are only centered on the teacher as a source of information, needed masala h solution in the teaching and learning process, especially problems about student learning outcomes and understanding. To solve the problem need new innovative learning model, one of the learning model that can be used is Quantum Learning learning model .The rarely used humanistic learning model of Quantum Learning in Vocational High School, especially in Building Materials Engineering (TGB) students can be a new innovation as an alternative learning model. Pembelajaran quantum can be regarded as a model of learning that emphasizes to provide significant benefits and also emphasizes the n kesenanga levels of learners or students.

The type of research conducted is experimental design with the form of research design True Experimental Design using Pretest-Posttest Control Group Design design, which is a design that uses two classes as research subjects selected by random

The pretest of pretest normal distribution or the ability of the control and experimental class students before being treated is the same. Whereas the experimental class using Quantum Learning method is better than the control class score on the posttest test. Based on the results of analysis and discussion of research results covering the introduction, core activities, and cover can be concluded that the implementation of Quantum Learning method is better than the direct learning method, the result of average is 94,87% in control class using direct learning method and the average result is 97,48% for experimental class using Quantum Learning method . the result of t test with SPSS 16 help , the result of application of Quantum Learning method is superior to improve learning result than direct learning method. as can be seen on the results of t count> t table on the pretest (18.05>6.236) and at posttest (18.05>14.647), which grew Supports that Quantum Learning is superior than immediate learning method, which means learning Quantum Learning can improve learning outcomes compared directly with the learning method the average yield of 74.11 in the experimental class and 57.32 in the control class at pretest and increased to a mean of 81.79 in the experimental class and 63.11 in the control class at posttest.

Keywords : Design Experimentation, Quantum Learning, Soil Measurement Science

Published
2019-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 309