PENGEMBANGAN MEDIA SKETCHUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BASED LEARNING PADA MATERI MENGGAMBAR DETAIL KUSEN PINTU DAN JENDELA KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • ALI ANDO RYAN TAMA
  • KRISNA DWI HANDAYANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sarana dan prasarana di SMK Negeri 2 Bojonegoro yang tergolong sudah memadai untuk dilakukan pengajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti tersedianya LCD proyektor, komputer dll, akan tetapi perangkat tersebut kurang dimaksimalkan sebagai media pembelajaran. Hal ini disebabkan pemahaman siswa terhadap materi diajarkan oleh guru dalam menjelaskan materi masih sangat terbatas sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar dan berpengaruh pada ketuntasan belajar siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran Sketchup pada mata pelajaran kontruksi dan utilitas gedung pada materi menggambar detail kusen pintu dan jendela.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media Sketchup dengan pembelajaran model Project Based Learning.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa dan Objek dalam penelitian ini adalah media sketchup dengan materi menggambar detail kusen pintu dan jendela. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi kelayakan media Sketchup yang divalidasi oleh para ahli dari dua dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya dan Guru mata pelajaran Kontruksi dan Utilitas Gedung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan media Sketchup.

Berdasarkan analisis hasil penelitian, prosentase rata-rata kelayakan media Sketchup sebesar 83,85% dengan kategori sangat layak, Sehingga media Sketchup dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada materi menggambar detail kusen pintu dan jendela kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Kata Kunci: Media Sketchup, Project Based Learning, Ketuntasan Belajar

Abstract

. The background of this research is that the facilities and infrastructure in Bojonegoro 2 State Vocational School were sufficient to be carried out based on Information and Communication Technology (ICT) teaching such as the availability of LCD projectors, computers, etc., but these devices were not maximized as learning media. This is due to students understanding of the material though by the teacher in explaining the material was still very limited, causing students were less motivated in learning and influence the completeness of student learning. Therefore, the development of Sketchup learning media on construction subjects and building utilities was developed in detailing material on door and window frames. The purpose of this study was to determine the feasibility of Sketchup media with learning from the Project Based Learning model.

This type of research is Research and Development (R & D). The research subjects were students of class XI DPIB 1 in Bojonegoro State Vocational High School 2 2018/2019 which numbered 30 students and the object in this study was sketchup media with material drawing details on door and window frames. The research instrument used was a validation sheet for Sketchup media validation validated by experts from two lecturers of Surabaya State University Civil Engineering and Construction and Building Utilities subject teachers. The data analysis technique used is an analysis of Sketchup media feasibility.

Based on the analysis of the research results, the average percentage of Sketchup media eligibility is 83.85% with a very feasible category. So that Sketchup media can be used in teaching and learning activities, especially in detail drawing material on door frames and windows of class XI Model Design and Building Information 1 of SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Keywords: Media Sketchup, Project Based Learning, Learning Completeness.




Published
2019-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 132