PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TYPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTUKSI BANGUNAN KELAS X KGSP SMKN 5 SURABAYA

  • ARISKA ADE PUTRA
  • DIDIEK PURWADI

Abstract

ABSTRAK

Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui (a) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture; (b) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X-3 KGSP yang menggunakan model pembelajaran picture and picture.

Penelitian ini merupakan “Pre-Experimental Designs” dengan jenis One Shoot Case Study. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 KGSP dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi perangkat pembelajaran, teknik pengamatan dan tes. Validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, teknik pengamatan digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pengajaran guru memperoleh skor rata-rata yaitu 97,61% dan keterlaksanaan belajar siswa memperoleh skor rata-rata yaitu 97,02%. Berdasarkan kategori tersebut maka keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model picture and picture terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata hasil belajar adanya perlakuan dengan model pembelajaran picture and picture adalah 66,93 dan hasil nilai tes setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture adalah 96,13 dengan thitung = 57,030 sedangkan ttabel = 1,699. Hal ini berarti harga nilai thitung>ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan kelas X KGSP di SMKN 5 Surabaya lebih besar atau sama dengan KKM 75 (H0 =: μ> 75).

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, picture and picture.


ABSTRACK

This paper aims to find out (a) the implementation of learning using a learning model picture and picture; (b) to find out the learning outcomes of class X-3 KGSP students who use the picture and picture learning model.

This research is "Pre-Experimental Designs" with the type of One Shoot Case Study. The time of the study is carried out in the even semester of the 2018/2019 academic year. The target in this study was students of class X-3 KGSP with a total of 30 students. Data collection in this study was obtained from the validation of learning devices, observation and test techniques. Validation is used to determine the feasibility of learning devices, observation techniques are used to obtain learning implementation data, namely teacher teaching activities and student learning activities, while tests are used to obtain learning outcomes data.

The results of the study showed that the teaching performance of the teacher obtained an average score of 97.61% and the learning achievement of students gained an average score of 97.02%. Based on these categories, the implementation of learning using the picture and picture model is done very well. Student learning outcomes show the average learning outcomes of treatment with picture and picture learning models is 66.93 and the results of test scores after the applied picture and picture learning model are 96.13 with tcount = 57.030 while t table = 1.699. This means the price of the tcount> t table. So it can be concluded that, the average student learning outcomes after using the picture and picture learning model on the basics of building construction class X KGSP in Surabaya Vocational High School 5 is greater or equal to KKM 75 (H0 =: μ> 75).

Keywords: Cooperative learning model, picture and picture.

Published
2019-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 28