PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (MPL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR PADA MATERI MENGGAMBAR DETAIL PINTU DI SMK NEGERI KUDU

  • MUHAMMAD FARHAN
  • INDIAH KUSTINI

Abstract

Abstrak

Menerapkan penggunaan media miniatur pada materi menggambar detail kusen pintu untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran adalah dengan menggunanakn model pembelajaran langsung yang deiberikan guru kepada siswa. model pembelajaran langsung merupakan cara yang paling efektif untuk mengajarkan konsep dan keterampilan-keterampilan yang eksplisit kepada siswa yang berprestasi rendah. Media miniatur adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan populasi sama dengan sampel yaitu 2 kelas, kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, media miniatur dan tes hasil belajar.

Sebelum penelitian dilakukan kelayakan perangkat pembelajaran sebesar , kelayakan media miniatur prosentase 86,67%, dan Soal 84,11%. Hasil penelitian didapat rata – rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 79,67 dan kelas kontrol 77,52 dari hasil tersebut terdapat perbedaan hasil belajar sebesar 2,15

Kata Kunci: Menggambar Detail Kusen Pintu , Media Miniatur, Hasil Belajar.

Abstract

Applying the use of miniature media to the material drawing detail on the door frame to find out student learning outcomes. The implementation of learning is to use a direct learning model that is given by teachers to students. the direct learning model is the most effective way to teach explicit concepts and skills to low achieving students. Miniature media is an effort to improve the understanding of the material being taught.

The type of research used is Quasi-Experimental Design, with the form Nonequivalent Control Group Design. Making equal participation with a sample that is 2 classes, class XI and XI DPIB 1 DPIB 2. The instruments of data collection using validation sheet learning devices, learning media. Miniature and test results.

Before the research was conducted the feasibility of learning devices was 82.19%, the feasibility of miniature media was 86.67%, and the question was 84.11%. Research results obtained average - average student learning outcomes 79,67 experimental class and control class 77,52 of these results there are differences in learning outcomes 2,15

Keywords: Drawing Door Frame Details, Miniature Media, Learning Outcomes.

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 145